1.222 Keris Dipamerkan Pada Haul Presiden Soeharto

Pameran Keris
Sumber :
  • VIVAlife/Fajar Sodiq
VIVA.co.id
Peringatan 8 Tahun Wafatnya Soeharto, Makam Sepi
- Sebanyak 1.222 keris dipersiapkan untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) bertepatan dengan hari ulang tahun (Haul)  Presiden ke-2 RI, Soeharto, pada Senin, 8 Juni 2015.

Jokowi Lakukan Kunjungan Kerja ke Wonogiri

Pemecehan rekor ini diprakasai mantan bupati Wonogiri, Begug Poernomosidi. Selain itu, hari ini juga diresmikan Padepokan Soeharto di Jalan Ahmad Yani, Wonogiri, Jawa Tengah.
Cerita Prabowo Dapat 'Sangu' dari Soeharto Sebelum Perang


Salain ribuan keris asli nusantara yang telah dikukuhkan UNESCO sebagai A Masterpiece Of The Oral and Intangible Heritage Of Humanity tahun 2005, dalam haul ini juga bakal dipamerkan beragam batu akik dan senjata lengendaris dari berbagai penjuru dunia.


"Keris yang berjumlah 1.222 ini akan dihitung dalam rangka memecahkan rekor MURI. Berbagai jenis dan ukuran keris berusia ratusan tahun akan dipajang dalam padepokan ini," kata Begug Poernomosidi, Senin 8 Juni 2015.


Menurut Begug Poernomosidi, padepokan ini akan berfungsi sebagai museum kebudayaan yang dibuka untuk umum. Selain pameran benda pusaka, masyarakat sekitar juga dapat menyaksikan pagelaran wayang kulit dengan kelir atau layar wayang terpanjang se-Indonesia.


"Sebanyak delapan dalang akan terlibat dalam pagelaran wayang semalam suntuk di alun-alun Kota Wonogiri," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya