Kesaksian WNA saat Detik-detik Kapal Terbakar di Lombok

Kapal terbakar di Lombok
Sumber :
  • ANTARA/Ahmad Subaidi

VIVA.co.id - Kapal cepat yang terbakar dan meledak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, 5 Juni 2015, mengakibatkan sejumlah korban luka-luka. 

Kapal Wisata Pembawa WNA Terbakar di Lombok

Menurut pantauan VIVA.co.id, tercatat dua puluhan penumpang dari 12 negara menjadi korban terbakarnya kapal feri Wahana Gili Ocean rute Pantai Senggigi Lombok menuju Padang Bay Denpasar tersebut.

Korban luka-luka kapal terdata sebanyak 25 orang dari total 129 penumpang kapal yang selamat. Terdapat 22 penumpang Warga Negara Asing (WNA) dan tiga WNI.

Kapal Pengangkut 625 Ekor Sapi Terbakar di Tengah Laut

Lebih rinci, 15 orang laki-laki dan sembilan perempuan dirawat secara intensif di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB karena mengalami luka yang cukup serius. Luka serius itu di antaranya luka patah tulang dan luka bakar yang nyaris di sekujur tubuh.

Dari 25 korban, sembilan di antaranya diperbolehkan pulang karena
hanya mengalami luka ringan. Pantauan VIVA.co.id, situasi di RSUP NTB mendadak sibuk. Ruang perawatan instalasi gawat darurat segera melakukan penanganan cepat, terutama untuk korban yang parah.

Ditemui usai mendapatkan perawatan medis, salah satu korban, Lani mengatakan, dia tidak mengetahui persis penyebab kejadian meledaknya kapal yang ditumpanginya tersebut. Wanita asal Inggris ini mengaku panik, mendengar suara ledakan dan tiba-tiba saja api menyambarnya.

"Saya tidak tahu apa penyebabnya tiba-tiba sudah melihat percikan api dari kapal. Saya waktu itu sedang istirahat, saya melihat kegaduhan dan segera menyelamatkan diri menyebur ke laut," katanya.

Dari puluhan korban lainnya, Lani termasuk salah seorang korban dengan luka cukup parah. Ia didiagnosis patah tulang pada lengan kanan dan luka bakar di bagian wajah.

Ia mengatakan tujuannya ke Lombok untuk berlibur, singgah sebentar berwisata di pantai Senggigi dan Gili. Namun nahas saat dalam perjalanan kembali ke Denpasar, kapalnya terbakar.

Diberitakan sebelumnya, kapal Wahana Gili Ocean terbakar di wilayah Senggigi Lombok Barat dengan jarak 10 mil dari dermaga. Kapal penyeberangan dengan jalur perairan Senggigi Lombok menuju Padang Bay Denpasar tersebut bermuatan 129 penumpang yang didominasi WNA.

Berikut rincian korban asal negara terbakarnya kapal feri Wahana Gili Osean :

Kapal Ferry Terbakar, Satu Tewas

1. Indonesia : 3 orang
2. Italia       : 5 orang
3. Jerman     : 2 orang
4. AS          : 1 orang
5. Irlandia    : 1 orang
6. Kanada    : 1 orang
7. Spanyol   : 1 orang
8. Belanda   : 1 orang
9. Australia  : 4 orang
10. Prancis   : 2 orang
11. Selandia Baru : 1 orang
12. Inggris :  3 orang

Kapal milik nelayan asal Thailand diledakkan di Selat Dempo, Kepri, Senin (9/2/2015).

38 Kapal Pencuri Ikan Ditenggelamkan

15 kapal di antaranya ditenggelamkan di wilayah Pontianak, Kalbar.

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2015