Kapal Wisata Pembawa WNA Terbakar di Lombok

Pantai Senggigi Lombok.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id - Kecelakaan yang melibatkan kapal feri kembali terjadi. Kapal feri wisata Wahana Gili Ocean terbakar di wilayah Senggigi Lombok Barat, pada Jumat 5 Juni 2015.

Kecelakaan Boat Paspampres, Satu Belum Ditemukan

Kapal penyeberangan dengan jalur perairan Senggigi Lombok menuju Padang Bay, Denpasar tersebut, bermuatan 129 penumpang yang didominasi Warga Negara Asing (WNA). Kapal wisata ini terbakar sekitar 10 mil dari titik pemberangkatan Pantai Senggigi Lombok Barat.

Belum dipastikan penyebab terbakarnya kapal, namun menurut informasi yang dihimpun, ledakan diperkirakan terjadi karena adanya rangkaian selang bahan bakar yang pecah. Titik api dari bagian mesin kapal meluas, merambat ke hampir sepertiga bagian kapal.

Seluruh penumpang panik dan berhamburan keluar dari dalam kapal dengan bermodal pelampung untuk menyelamatkan diri. Kapten kapal, I Wayan Payung meminta bantuan syahbandar terdekat yakni Senggigi.

Bersama 12 orang anak buah kapal (ABK), proses penyelamatan penumpang dilakukan. Tak lama Basarnas dan Pol-Air Polda NTB datang kemudian mengevakuasi para penumpang.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun sedikitnya
dari 129 penumpang tersebut, 25 orang penumpang mengalami luka yang cukup serius. Sementara penumpang yang selamat ditampung di Dermaga Senggigi untuk dilakukan proses identifikasi sebelum diberangkat kembali menuju Denpasar.

Kapten kapal masih menutup diri terhadap penyebab dari kejadian ini.
Salah seorang karyawan darat Kapal Wahana Gili Osean 4, Abdul mengatakan, sebelum terbakar terdengar suara ledakan dari dalam mesin kapal.

"Saya lihat terbakarnya dari bagian mesin kemudian meluas," kata Abdul.

Setelah seluruh penumpang berhasil diselamatkan dan api dari mesin
kapal dipadamkan, kapal kemudian dievakuasi dengan ditarik oleh kapal swasta untuk disandarkan ke Dermaga Senggigi Lombok Barat.

Ratusan Penumpang Kapal Mutiara Dievakuasi ke Dermaga I Bakauheni
Macet di tol Tangerang-Merak. (ilustrasi)

Setiap Hari Ada Kecelakaan, Tol Tangerang Merak Masuk Dalam Kategori Rawan

Jalan tol Tangerang Merak masuk dalam kategori rawan, lantaran nyaris setiap hari terjadi kecelakaan.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2023