Aktivitas Gempa Meningkat, Gunung Dempo Tutup Pendakian

Pesona keindahan gunung Dempo
Sumber :
  • klasifikasihotelmewah.blogspot.com
VIVA.co.id
Erupsi Gunung Dukono, 12 Desa Terpapar Abu Vulkanik
- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, menutup aktivitas pendakian di Gunung Dempo. Saat ini, gunung dengan ketinggian 3.159 meter di atas permukaan laut tersebut tengah meningkat aktivitas kegempaannya.

Dukono Erupsi, Penutupan Bandara Gamarmalamo Diperpanjang

"Status Gunung Dempo sekarang sudah waspada level II. Jadi tidak boleh ada pendaki yang ke puncak gunung," ujar staf BPBD Pagar Alam Kusmi, Jumat 5 Juni 2015.
Erupsi Gamalama Berlanjut, Penumpang Tertahan di Bandara


Sejumlah papan peringatan larangan pendakian pun juga sudah dipasang di jalur pendakian, guna mengantisipasi adanya pendaki yang tetap memaksa mendaki.


Sementara itu, petugas pemantau aktivitas Gunung Dempo di lereng gunung Kecamatan pagar Alam Utara, Windy, menambahkan bila saat ini sudah terekam aktivitas kegempaan di dalam kawah gunung Dempo.


"Dari alat Seismograf memang menunjukkan peningkatan aktivitas kegempaan di kawah gunung. Jadi status waspadanya dinaikkan," ujar Windy.


Sejauh ini, patroli rutin di dua jalur pendakian yakni di kawasan Tugu Rimau dan jalur Kampung Empat, telah dilakukan. Dengan harapan dapat mencegah lebih dini para pendaki yang hendak menaiki gunung ini.



Irwansyah/Sumatera Selatan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya