BPBD Akui Ada Kejadian Aneh Banyak Cacing Keluar dari Tanah

ular berkepala dua di carolina
Sumber :
  • foxcarolina.com
VIVA.co.id
Sesar Aktif Picu Gempa 4,5 SR di Bali Kamis Dini Hari
- Pesan berantai yang beredar di kalangan masyarakat Yogyakarta mengenai fenomena banyaknya cacing tanah yang keluar dari dalam tanah, diakui memang ada.

Kapolda Sumbar: Mentawai Sementara Ini Aman

Ini diakui oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto. "Memang kemarin saat liburan saya bersama istri saya jalan-jalan, melihat banyak cacing muncul, jumlahnya memang banyak," katanya, Rabu 3 Juni 2015.
Korban Gempa Taiwan Sabtu Kemarin Bertambah Jadi 23 Orang


Meski begitu, Dwi enggan mengaitkannya dengan kabar berulangnya gempa besar yang akan melanda Yogyakarta pasca gempa tahun 2006.


Dwi berpendapat, bila cacing-cacing yang keluar dari dalam tanah dengan kondisi lemas itu, hanya sebagai respons hewan tersebut terhadap pergantian cuaca.


"Cacing hidupnya kan di dalam tanah dan tidak terlalu dalam. Sehingga kemarin kan sempat hujan dan saat ini panas. Kemungkinan karena kepanasan mereka muncul di permukaan," ujarnya.


Dwi berharap masyarakat tidak mempercayai fenomena tersebut dikaitkan dengan gempa bumi yang akan terjadi. Sebagai masyarakat yang hidup di dalam wilayah rawan bencana dirinya berharap masyarakat tetap waspada.


"Belum ada penelitian cacing keluar dari tanah pertanda akan terjadinya gempa. Jadi masyarakat tidak terlalu resah akan fenomena itu namun tetap waspada karena kita hidup di wilayah rawan gempa," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya