Cara Berhenti Merokok ala Mahasiswa Malang

Peringatan hari tanpa rokok di Malang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Pitaloka

VIVA.co.id - Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia Regional Malang melakukan aksi simpatik untuk memperingati hari tanpa rokok pada Senin 1 Juni 2015. Dalam aksinya, mereka menawarkan menukar rokok dengan buah jeruk.

Dari pantauan, aksi yang digelar di kawasan Stasiun Kota Malang dan taman Kota Trunojoyo itu, setidaknya menghabiskan 50 kilogram buah jeruk untuk dibagikan pada aksi itu.

“Jeruk adalah lambang antioksidan dan bisa mengurangi bahaya rokok. Tetapi dia hanya bisa mengurangi, untuk mencegah bahaya rokok maka perokok harus berhenti, itu pesan yang ingin kami sampaikan,” kata Ketua Panitia aksi Hari Tanpa Rokok, Irfandinata.
 
Selain menyampaikan bahaya rokok pada perokok, mahasiswa juga mengingatkan bahaya asap rokok pada masyarakat di sekitarnya. “Data dari litbang Departemen Kesehatan RI tahun 2014, terdapat sekitar 34 persen penduduk Indonesia di usia 15 tahun ke atas yang merokok. Rata-rata mereka menghabiskan rokok sebanyak 12-13 batang per hari,” katanya.

Upaya para mahasiswa yang tak segan berdebat dengan cara halus, untuk memberikan informasi tentang dampak buruk rokok tampak mendapat respon positif dari perokok.

Tujuh Bahan Berbahaya pada Rokok Selain Nikotin

“Bapak, ini ada jeruk, ini antioksidan dan baik untuk mengurangi dampak buruk rokok, tapi syaratnya rokok bapak harus dibuang lebih dahulu, karena sumber penyakitnya ya dari rokok itu,” ujar salah seorang peserta aksi Muslimah.

Mahasiswa berkerudung itu kemudian menjelaskan bahaya rokok bagi perokok dan lingkungan sekitar lewat poster dan stiker yang dibawa.

“Sebenarnya saya juga ingin berhenti merokok, tapi sulit untuk memulainya, mungkin bisa saya coba lagi” jawab salah seorang pengguna rokok Afandi sambil melempar sebatang rokok yang masih menyala di sela jari tangan kanannya.

Ilustrasi Vaping

Ini Penyebab Rokok Elektrik Makin Digemari Remaja

Mereka yang sudah mencoba sulit lepas dari ketergantungan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016