Polri Siap Perang Terbuka Melawan OPM

Ilustrasi kelompok bersenjata yang bermarkas di Lanny Jaya, Papua.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita

VIVA.co.id - Kepolisian Republik Indonesia mengaku siap menghadapi tantangan yang dilayangkan pucuk pimpinan kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM), Puron Wenda, dan Enden Wanimbo.

Hal ini ditegaskan Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Komisaris Jendral Polisi Budi Waseso, yang mengaku tidak gentar dengan pernyataan yang dilayangkan organisasi separatis yang berada di Papua tersebut.

"Enggak apa-apa, kita siap menghadapi," tutur Budi Waseso, di Komplek Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu 30 Mei 2015.

Jendral bintang tiga itu pun menyebut jika tak ada rasa khawatir sedikitpun terhadap tantangan tersebut, terlebih personel kepolisian jumlahnya jauh lebih banyak, sehingga siap untuk melakukan perlawanan jika benar diputuskan.

Selundupkan Kayu, 8 Warga Papua Nugini Dicokok TNI AL

"Enggak ada rasa khawatir," tuturnya.

Sebelumnya, dua pimpinan OPM yang bermarkas di Lany Jaya, Papua, Puron Wenda dan Enden Wanimbo melontarkan pernyataan serius. Mereka menantang perang terbuka dengan TNI dan Polri.

"Mulai sekarang kami nyatakan perang revolusi total dari Sorong hingga Marauke, yakni perang secara terbuka terhadap semua orang Indonesia yang ada di tanah Papua," ujar Enden Wanimbo.

Kata dia, tantangan perang terbuka tersebut merupakan salah satu bentuk perjuangan OPM yang tetap menginginkan Papua merdeka. Mereka juga membantah Papua kini sudah aman. "Itu enggak benar," tegas Enden.

Salah satu tribun di Mimika Sports Complex

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Pembangunan Mimika Sports Complex dibantu oleh PT Freeport Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016