Beras Plastik Belum Usai, Kini Ada Beras Berpemutih

Ilustrasi beras
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Setelah beredarnya isu beras berbahan plastik, isu mengenai beras mengandung pemutih kini ramai diperbincangkan. Maka dari itu, untuk membuktikan isu tersebut, Polda Metro Jaya melakukan sidak di beberapa pasar dalam wilayah hukum Polda Metro.

"Kami lakukan sidak dibeberapa pasar dan mengambil sampel beras di beberapa lokasi pasar di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Sampel beras ini diambil untuk diperiksa terkait dugaan adanya beras yang mengandung pemutih," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Muhammad Iqbal, kepada wartawan di Jakarta, Kamis 28 Mei 2015.

Pengambilan sampel beras, kata Iqbal, dilakukan serentak oleh petugas di 13 kepolisian resort sejak kemarin. Pengambilan sampel beras tersebut kini sedang diperiksa di laboratorium forensik.

"Kami serentak mengambil sampel di pasar-pasar untuk diperiksa di laboratorium forensik," kata Iqbal.

Iqbal menambahkan, nantinya hasil laboratorium forensik akan diumumkan kepada masyarakat terkait benar tidaknya ada kandungan pemutih di dalam beras.

Awas! Beras Palsu Dijual di Supermarket

Adanya beras dengan kandungan pemutih itu cukup meresahkan masyarakat, sama seperti isu beras berbahan plastik.

Lebih lanjut, Iqbal mengatakan bahwa polisi belum bisa mengambil kesimpulan sebelum hasil penelitian dikeluarkan oleh laboratorium forensik.

"Tunggu hasil uji lab-nya, sekarang masih diteliti," ujar Iqbal.

Masyarakat sempat dihebohkan dengan temuan beras plastik di Bekasi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Setelah kasus itu ramai dibicarakan dan diusut, kini polisi dikabarkan menemukan kasus beras dengan pemutih.

Sebelumnya, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim) Komisaris Jenderal Budi Waseso menyatakan, penyelidikan terhadap dugaan beras mengandung plastik telah usai.

"Kami temukan juga beras dioplos dengan bahan kimia atau berpemutih," ujar Budi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 27 Mei 2025.

Budi memperkirakan hasil uji laboratorium bisa diketahui dalam waktu empat hari ke depan apakah benar beras temuannya mengandung bahan kimia atau pemutih. (ase)

UI dan IPB Dinilai Relatif Independen Uji Beras Plastik
sorot beras plastik

Ingat Heboh Beras Plastik, Ini Update Kasusnya

Penyebar isu beras plastik itu ternyata masih diuber polisi.

img_title
VIVA.co.id
2 November 2015