Raas, Kucing Para Bangsawan dan Ulama Madura

Ilustrasi Kucing
Sumber :
  • catwallpaper.com

VIVA.co.id - Raas adalah kucing asli Indonesia, hidup dan berkembang biak di Madura. Kucing ini berkembang biak di sebuah pulau kecil bernama Raas yang terletak di sebelah timur Pulau Madura. Makanya kucing tersebut dikenal dengan nama kucing Raas.

Kucing ini juga sempat dibawa keluar pulau Raas dan ditemukan di Sumenep. Kucing ini sebetulnya punya peluang untuk menjadi kucing ras karena berada pada lingkungan terbatas dengan pola perkawinan tertentu sehingga terbentuk penampilan yang khas.

Kucing Raas ini mempunyai bentuk tubuh yang menyerupai Leopard. Tampilan umum mirip seperti kucing Korat atau kucing Turkish Angora dengan rambut berwarna abu-abu pada hampir seluruh bagian tubuh. Bentuk tubuh sebagaimana kucing lokal. Ada kecenderungan kaki belakang lebih panjang dari kaki depan.

Bentuk kepala dengan hidung berukuran sedang. Warna hidung hitam. Telinga berdiri tegak ke arah depan seperti kucing Turkish angora terkesan waspada, berukuran sedang dengan ujung telinga agak runcing.
 
Kucing Raas mempunyai warna mata hijau tua atau hijau gelap, tidak seperti Turkish Angora atau Korat yang mempunyai warna mata hijau terang. Mata tidak begitu lebar dan berbentuk oval.
 
Rambut kucing Raas pendek dan halus. Rambut kucing ini berwarna abu-abu pada sebagian besar tubuhnya. Sementara bagian bawah tubuh, dada atau perut terdapat warna putih dengan batas yang tidak jelas.
 
Kucing Madura ini memiliki ekor dengan panjang yang sedang, tetapi bengkok di ujungnya (kinky tail). Bentuk ekor yang bengkok ini menegaskan kucing Madura adalah kucing Asia.

Saat ini telah diketahui dua warna yang sering terdapat pada kucing Raas, yaitu buso dan kecubung.

Kisah Pelukis Arwah Si Manis Jembatan Ancol

"Buso adalah bahasa setempat untuk warna abu-abu seperti yang terdapat pada ras Rusian blue atau british shorthair. Sedangkan kecubung adalah istilah setempat yang diberikan bagi kucing yang berwarna coklat," jelas Zainal Abidin, penggemar kucing.

Kucing raas dipercaya mempunyai kekuatan gaib atau berhubungan dengan kekuatan mistis. Warga pulau Raas ada yang meyakini kelahiran kucing Raas ini berkaitan dengan kekuatan mistik. Mereka percaya ada beberapa kucing Busok merupakan hasil perkawinan dari kucing betina warna apa saja dengan kucing Pitua atau kucing bertanduk.

Masyarakat percaya kucing bertanduk ini hanya dapat dilihat oleh anak (belum akil balig). Masyarakat juga percaya kucing ini dijumpai di kawasan sekitar kuburan. Karena kepercayaan di atas maka banyak warga lebih memilih memelihara kucing betina dengan harapan dikawini kucing Pitua dan melahirkan kucing Busok.
 
Selain itu, bila sudah mempunyai kucing Busok mereka lebih memilih mengebiri kucing Busok agar tidak hilang karena terpikat dengan betina lain. Masyarakat juga percaya bahwa kucing Busok tidak dapat melahirkan keturuan kucing Busok yang berwarna abu-abu.
 
"Masyarakat percaya bila memelihara Busok, maka pemilik akan mendapat kelimpahan rejeki atau keberuntungan," ungkapnya.
 
Kucing Raas dipercaya sebagai peliharaan Kiai Moh. Cholil yang legendaris dari Bangkalan, Madura. Dia memelihara dua ekor abu-abu dan coklat. Ketika meninggal dunia kucing Raas ini pun juga ikut lenyap. Sehingga kucing Raas banyak dijumpai di pondok pesantren di wilayah Madura.
 
Selain menjadi peliharaan di kalangan ulama, kucing ini sejak dulu banyak dipelihara oleh kalangan bangsawan dan pejabat seperti keluarga raja-raja atau bupati. Konon, muncul mitos bahwa kucing ini tidak bisa dibawa keluar Pulau Madura. Jika nekat membawa kucing Raas yang murni, dipastikan dalam bilangan bulan kucing itu akan mati.

Di Pulau Madura sendiri hanya kalangan tertentu yang mampu memelihara kucing ini. Jika dipelihara rakyat jelata bisa diperkirakan dalam waktu dekat akan mati. Lain halnya jika dipelihara oleh kalangan ulama dan pejabat atau keturunan bangsawan Madura masa lalu kucing ini bisa bertahan hidup.

Maka meskipun juga banyak orang tertarik dengan keberadaan kucing Busok, sehingga berusaha keras untuk memilikinya termasuk warga asing. Namun demikian, faktor kepercayaan mistis tersebut yang membuat kucing Busok tetap berada di pulau Raas.

"Ada beberapa teman saya ada yang pernah membawa kucing Raas ke pulau Jawa. Hasilnya jelas, dalam hitungan bulan mati. Ada juga yang membawa sempat hidup beberapa bulan tapi setelah diteliti ternyata kucing itu tidak murni lagi sudah campuran dengan kucing ras lain. Ada pula yang memelihara sampai setahun masih hidup, setelah ditelusuri yang memelihara itu ternyata dari leluhurnya masih memiliki trah bangsawan Madura," cerita Zaenal.

Cerita Bung Karno Jadi Model Patung Bundaran HI
Ilustrasi anak

Kucing, Hewan Terapi Anak Kebutuhan Khusus

Kucing juga bisa memberikan kesehatan secara mental bagi manusia.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016