Jokowi Jamin Integritas Ketua Pansel KPK

Mengapa Jokowi Pilih Perempuan sebagai Anggota Pansel KPK?
Sumber :
  • VIVA.co.id/Christina Nila

VIVA.co.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memastikan Ketua Panitia Seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Destry Damayanti, bebas dari konflik kepentingan.

'Menggantung' Calon Pimpinan KPK

Hal tersebut disampaikan Jokowi menanggapi isu posisi Destry yang saat ini memiliki jabatan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara yang dipimpin oleh Menteri Rini Soemarno.

"Kamu cek sendiri integritasnya seperti apa. track record nya gimana, kompetensinya seperti apa, tanyakan dan cek sendiri," kata Jokowi usai menghadiri peletakan batu pembangunan "Indonesia Satu" di Jakarta, Sabtu 23 Mei 2015.

Jokowi menegaskan, jika dirinya sudah mengeluarkan keputusan maka dirinya sudah memastikan hal tersebut."Kalau saya sudah keluarkan (keputusan), saya pastikan saya sudah cek dan pastikan," tegas Jokowi.

Jokowi juga menjelaskan, sembilan anggota Pansel KPK yang dia pilih sudah melalui berbagai pengecekan sehingga dapat dipastikan integritasnya.

"Kalau kamu enggak percaya, silakan dicek," ujar Jokowi.

Sebelumnya, saat dikonfirmasi, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian BUMN Teddy Poernomo mengakui bahwa Destry merupakan salah satu staf ahli Menteri BUMN Rini Soermarno.

"Dia Ketua Gugus Tugas Ketahanan Ekonomi (Kementerian) BUMN," ujar Teddy.

Uji Kelayakan Calon Pimpinan KPK

Busyro Siap Uji Kepatutan dan Kelayakan untuk Kedua Kalinya

Busyro Muqoddas merupakan calon pimpinan KPK yang lolos seleksi.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2015