Hakim yang Kabulkan Guguatan Ilham Arif Dilaporkan ke MA

Usai di Lantik, Plt Pimpinan Kpk Gelar Jumpa Pers di KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi berencana malaporkan Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Yuningtyas Upiek Kartikawati ke Mahkamah Agung. Upiek adalah hakim tunggal yang mengabulkan gugatan praperadilan mantan Wali kota Makassar, llham Arief Sirajuddin.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Pelaksana Tugas Pimpinan KPK, Johan Budi, mengatakan, langkah tersebut diambil setelah dilakukan gelar perkara antara Pimpinan, Biro Hukum, Penyidik, Penyelidik serta Penuntut Umum.

Menurut Johan, dasar dari laporan tersebut adalah karena Hakim dinilai tidak adil dalam memimpin persidangan.

"Kami menganggap pada proses praperadilan IAS yang menurut kami tidak fair dalam konteks persidangannya. Misalnya ada yang kami ajukan saksi tapi ditolak. Kira-kira itu seperti pelanggaran kode etik," kata Johan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat 22 Mei 2015.

Tidak hanya melaporkan ke Mahkamah Agung, Johan menyebut pihaknya juga akan turut melaporkan Hakim Upiek ke Komisi Yudisial. Pelaporan itu juga masih terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Hakim Upiek.
"Mungkin hari ini (dilaporkan)," ujar Johan. (ren)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024