17 Mei, Dunia Rayakan Hari Hipertensi

hipertensi / darah tinggi
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Indonesia Kekurangan Dosen Ilmu Kesehatan yang Memadai
- Hari ini, 17 Mei, diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia. Untuk merayakannya, periode 2013-2018 ditetapkan tema yang diangkat oleh
World Hypertension League
Empat Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi
(WHL) "Kenali Tekanan Darah Anda." Topik ini diusung untuk mengajak masyarakat mengenali tekanan darahnya dan memberi perhatian serius pada tekanan darah tinggi, serta rutin melakukan pemantauan.
Tekan Impor Obat, Menkes Minta Dukungan Farmasi Lokal

Yayasan Jantung Indonesia (YJI), sebagai salah satu Aliansi Penyakit Tidak Menular Indonesia kembali mengingatkan masyarakat untuk menjaga pentingnya kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah. Program pencegahan juga dilakukan dengan menganjurkan masyarakat untuk melakukan cek tekanan darah secara rutin.

"Melalui berbagai kegiatan penyuluhan antara lain melalui kegiatan road show ke kantor-kantor, melalui media televisi, radio atau penyebaran brosur, poster, dan lain-lain," ujar Ineng Zurias, Bagian Komunikasi, Informasi dan Edukasi yayasan Jantung Indonesia dalam rilisnya yang diterima VIVA.co.id, Minggu 17 Mei 2015.


YJI juga menyediakan Mobil Kesehatan (
Van Health
) yang dirancang khusus untuk memberikan pelayanan pemeriksaan tekanan darah dan cek gula darah secara gratis kepada masyarakat. "Van Health berkeliling setiap hari," katanya.


Saat ini YJI memiliki 3.291 Klub Jantung Sehat yang tersebar di seluruh Indonesia. Klub ini digagas sebagai implementasi pentingnya berolah raga untuk memelihara kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah.


Hipertensi (tekanan darah tinggi) masih menjadi momok bagi sebagian orang. Penyakit minim gejala ini berpotensi menyebabkan berbagai komplikasi mematikan. Tak salah jika tekanan darah tinggi biasa dikenal dengan julukan “
the Silent Killer
.”


"Karena jika tidak ditangani secara benar, sakit jantung dan stroke bisa menanti Anda di masa depan, terlebih jika terdapat penyakit lain seperti kencing manis," ujar Ineng.


Langkah awal untuk mengatasi hipertensi ini adalah dengan mengubah pola hidup. Perubahan pola hidup bisa dilakukan dengan menerapkan Panca Usaha Jantung Sehat, yaitu:


S
eimbangkan Gizi

E
nyahkan Rokok

H
adapi dan Atasi Stres

A
wasi Tekanan Darah

T
eratur Berolah raga.

(one)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya