Ratusan Biksu Gelar Tradisi Pindapatta di Bali

Tradisi Pindapatta yang digelar oleh para biksu di Bali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wira Suryantala

VIVA.co.id - Ratusan Biksu dari Vihara Buddha Sakyamuni menggelar tradisi Pindapatta dengan berjalan sambil menerima sedekah dari sejumlah umat Buddha yang berdiri di sepanjang jalan yang dilalui.

"Tradisi ini dilakukan setiap tahun untuk menyambut perayaan Tri Suci Waisak 2559 yang jatuh pada 2 Juni 2015 mendatang," ujar Ketua Dayakasabha Vihara Buddha Sakyamuni, Oscar NW, Kamis 14 Mei 2015.

Di sisi jalan, sejak pagi hingga siang ini ratusan umat Buddha di Denpasar berdiri memadati sepanjang Jalan Gunung Agung, Denpasar. Antrean umat Buddha terpantau sepanjang tiga kilometer. Mereka menunggu ratusan Biksu yang tengah berjalan kaki untuk memberikan persembahan.

Secara bergantian umat Buddha memberikan sedekah berupa makanan dan minuman juga obat-obatan yang diterima oleh para Biksu. Kendati begitu, tak hanya umat Buddha saja yang merayakan tradisi ini.

Tradisi dan Mitos di indonesia Saat Momen Gerhana Bulan

Pantauan di lapangan umat Hindu dan Muslim turut serta memberikan persembahan kepada para Biksu tersebut.

"Tradisi ini tidak dibatasi kepada umat Buddha saja. Kami juga memberi kesempatan kepada umat lain yang ingin mengikuti tradisi ini," ujar Oscar.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Waisak Vihara Buddha Sakyamuni, Michael Kirana menjelaskan, Pindaptta dilaksanakan serangkaian Mahajata dan kegiatan sebulan pendalaman Dhamma ke-17 dalam rangka menyambut perayaan Tri Suci Waisak 2559. (ase)

Padusan Boyolali

8 Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Indonesia: Dari Nyorog Sampai Megibung

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini, ada beberapa tradisi unik di Indonesia yang berbeda-beda. Namun, memiliki tujuan yang sama sebagai bentuk rasa syukur.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024