Di Purwakarta, Pelajar Wajib Puasa Senin-Kamis

Ilustrasi/Murid Sekolah Dasar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Pemerintah Kabupaten Purwakarta Jawa Barat menerbitkan kebijakan mewajibkan seluruh pelajar dan guru di daerah itu untuk melakukan puasa setiap Senin dan Kamis.

Sistem 'Full Day School' Dinilai Cocok Hanya untuk SMA

Menurut Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, keputusan ini ditujukan untuk mengantisipasi penurunan kualitas moral di dunia pendidikan.
Mendikbud Anteng Kena 'Bully' Soal Full Day School


Dedi mengaku prihatin melihat kondisi dunia pendidikan saat ini. Maraknya aktivitas prostitusi  di kalangan pelajar, pesta bikini hingga terjadinya tindak kriminalitas, menjadi salah satu bukti buruknya kualitas pendidikan.


"Sekolah hanya menjadi tempat material bukan spiritual. Semuanya mengejar target angka-angka kompetensi, kurikulum. Padahal pendidikan spiritualitas tak boleh ada angka material," ujar Dedi, Rabu 13 Mei 2015.


Sebab itu, ia berinisiatif untuk mengintegrasikan pendidikan dengan penanaman nilai kehidpuan dan spiritualitas. Salah satunya adalah dengan tidak memisahkan pendidikan dengan pendidikan ketuhanan.


"Jika yang ingin dilahirkan
congo yang nyurup kana puhu. Ka luhur sirungan ka handap akaran
,
lamun hayang peurah kudu peurih
(Ke atas bertunas ke bawah akar yang menancap kuat) maka caranya satu, kalau ingin sakti harus prihatin dulu). Dan puasa Senin Kamis adalah satu langkah yang harus dilakukan guna merangsang nilai spiritualitas itu," ujarnya.


Jay Ajang Bramena/Purwakarta


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya