84 Imigran Rohingya Tewas Setelah Berbulan-bulan di Laut

Imigran Rohingya Diamankan Pol Air Jakarta Utara
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Ratusan imigran gelap etnis Rohingya dari Myanmar terdampar di Kecamatan Seunudon, Aceh Utara, Minggu 10 Mei 2015. Mereka mengaku ingin menuju Malaysia.

Isu Perkosaan Hanya Alasan Pengungsi Rohingya untuk Kabur

Pengakuan mengejutkan disampaikan salah satu imigran bernama Muhammad Juned. Menurut dia, jumlah mereka sebenarnya sebanyak 550 orang. Namun sebanyak 84 orang meninggal dan terpaksa dibuang di laut lepas saat mereka terombang-ambing di kapal selama berbulan-bulan.

Menurut Juned, 84 orang mati karena kelaparan dan sebagian dibunuh tekong kapal yang mereka tumpangi. Dia menambahkan, tujuan mereka ke Malaysia untuk mencari pekerjaan.

Namun, mereka ditipu tekong kapal yang mereka tumpangi. Setelah membayar beberapa ribu ringgit, pemilik kapal tersebut justru meningalkan mereka di lautan.

"Sudah tiga bulan di lautan. Tujuannya Malaysia untuk mencari kerja," kata Juned, yang diajak bicara oleh salah seorang warga Bangladesh yang sudah lama menetap di Aceh, Muhammad Mazmu.

Migran Rohingya itu menambahkan, saat berangkat jumlah mereka mencapai tiga boat. Namun mereka terpisah dan hanya satu boat yang terdampar di Aceh. Mereka pertama kali tiba di Desa Meunasah Sagoe.

Sebagian dari mereka yang terdampar tersebut kemudian lari ke Desa Matang Puntong dan Matang Raya Barat di kecamatan yang sama. Mereka sempat mencoba menghindari evakuasi dari warga setempat.

Bersama warga dan petugas keamanan, imigran gelap ini kemudian ditangkap. Saat ini mereka ditempatkan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara. Mereka akan menjalani pemeriksaan kesehatan oleh pihak Karantina Kesehatan Pelabuhan.

Hasil Visum Dugaan Pemerkosaan Warga Rohingya Negatif

Kondisi mereka sudah lebih baik, selain menyediakan makanan, warga juga memberikan pakaian bekas kepada Muslim Rohingya tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan warga Rohingya Miyanmar ditemukan terdampar di peraian Aceh Utara, Minggu pagi, 10 Mei 2015. Tidak sedikit dari mereka adalah kaum perempuan dan anak-anak. (ren)

Pengungsi Rohingya di Aceh.

Puluhan Warga Rohingya Kabur dari Penampungan

Beberapa dipastikan berada di Malaysia, dan yang lain belum diketahui.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2015