Kronologi Kebakaran Hebat Pasar Johar Semarang

wisma kosgoro kebakaran
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Dua Pekerja Tewas, Proyek Hotel Swiss Bell Dihentikan
- Kobaran api melalap ratusan kios di Pasar Induk Johar Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 9 Mei 2015 malam. Menurut keterangan saksi mata, kebakaran diduga disebabkan oleh korsleting listrik dari sebuah kios pakaian anak-anak di bangunan blok A1 lantai 1.

Identitas Dua Korban Tewas di Kebakaran Swiss-Belhotel

Teguh Tri Wahono, saksi mata yang merupakan pedagang jam di Johar mengatakan, api pertama kali terlihat di sebuah kios pakaian anak-anak bernama "Pada Suka" sekitar pukul 20.45 WIB.
Kebakaran di Swiss-Belhotel, Api Sulit Dipadamkan


"Saat itu, saya hendak menutup kios, tapi tiba-tiba saya lihat kios 'Pada Suka' yang jualan pakaian anak-anak muncul asap hitam," ujarnya.


Seketika itu, Teguh langsung berteriak minta tolong dan melaporkannya kepada pihak kepolisian. Hingga puluhan petugas Pemadam Kebakaran Kota Semarang datang ke lokasi. "Saya langsung minta tolong kepada warga yang lain untuk membantu memadamkan," ungkapnya.


Hingga saat ini, api yang membakar pasar induk yang telah berusia satu abad ini masih belum bisa dipadamkan. Puluhan petugas kepolisian dan warga masih sibuk memadamkan api. Begitu juga para pedagang terus berlarian mengamankan dagangan mereka yang belum terlalap api.


Untuk sementara, belum diketahui adanya korban jiwa dalam kebakaran ini. Namun kerugian materiil yang diakibatkan diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya