Menimbang Sinergi Tiga Lembaga Penegak Hukum Tangani Korupsi

Plt Ketua KPK Jaksa Agung dan Wakapolri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
VIVA.co.id
Pejabat Ini Jadi Ikon Game Antikorupsi
- Tiga lembaga penegak hukum, yakni Komisi Pemberantasan Korupsi, Polri dan Kejaksaan, bersepakat membangun sinergitas dalam pemberantasan korupsi.  Kesepakatan dihasilkan dalam sebuah pertemuan tertutup pada 4 Mei 2015 lalu.

KPK-MA akan Diskusi Surat Edaran Korupsi Sektor Swasta

Usai menggelar pertemuan tertutup itu, Jaksa Agung M Prasetyo mengatakan, dalam pertemuan itu, mereka membahas kerja sama antarlembaga yakni KPK, Kejagung, dan Polri dalam menangani kasus tindak pidana korupsi.
Indeks Masyarakat Anti korupsi Mulai Turun pada 2015


Pakar Hukum Tata Negara Asep Warlan Yusuf menilai, sinergi tiga lembaga itu dari sisi hukum tata negara, tak salah. Di tataran lapangan, dia menilai Kejaksaan Agung bisa berperan lebih aktif dalam menguatkan pelaksanaan koordinasi serta komunikasi diantara lembaga penegak hukum.


"Kalau bisa, Jaksa Agung memperkuat komunikasi secara formal, dan menegaskan pelaksanaan apa yang disepakati ketiga lembaga di pertemuan sebelumnya. Jadi kalau ada kesepakatan kemarin, ya benar-benar lah dikawal," kata Asep.


Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Maruarar Sirait, mengapresiasi pertemuan itu karena sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo supaya ada sinergi diantara lembaga penegakan hukum. "Komunikasi itu sangat penting," kata Ara, sapaan akrab Maruarar.


Dia mengaku sangat mengapresiasi Jaksa Agung M Prasetyo yang bersedia mengambil inisiatif pertemuan di Kejaksaan Agung RI. Hal itu menegaskan bahwa Kejaksaan Agung adalah lembaga yang netral dan tak terlibat intrik di antara lembaga yang ada.


"Rasanya diperlukan ada unsur penegak hukum yang mengambil inisiatif positif untuk tetap menjaga koordinasi dan komunikasi itu. Kebetulan Jaksa Agung ini senior, matang, dan bisa mengayomi," kata Ara.


"Kepercayaan publik kepada penegak hukum terangkat lagi, bila melihat otoritas penegak hukum bisa bekerja sama dengan baik."


Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai koordinasi di antara KPK-Kejaksaan Agung-Polri sangat bagus sekali karena sesuai dengan keinginan publik yang ingin ada perbaikan dalam proses penegakan hukum.


"Kami berharap koordinasi antarlembaga penegak hukum berjalan harmonis dan bagus, itu diharapkan oleh kita semua," kata Zulkifli Hasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya