Bareskrim Tetapkan Tersangka Korupsi dan TPPU di SKK Migas

Kantor SKK Migas Digeledah Bareskrim
Sumber :
  • ANTARA/POOL/Imam

VIVA.co.id - Penyidik Badan Reserse Kriminal Polri menggeledah kantor Satuan Kerja Khusus Migas (SKK Migas) di Gedung Wisma Mulia, Jakarta Selatan, Selasa 5 Mei 2015.

Kompolnas: Dipimpin Anang Iskandar, Bareskrim 'Sepi'

Penggeledahan terkait kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan pidana awalnya adalah korupsi pada penjualan Kondensat bagian negara oleh SKK Migas kepada PT Trans Pacific Petrochemical Indonesia (TPPI) tahun 2008-2011.

Selain menggeledah kantor SKK Migas, penyidik juga menggeledah kantor PT TPPI di Mid Plaza Lantai 33,34 dan 35, Jakarta Selatan.

Penggeledahan dilakukan setelah Bareskrim Polri menemukan adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam kasus tersebut. Bareskrim telah menetapkan sejumlah tersangka dalam kasus tersebut, salah satunya adalah pejabat di lingkungan SKK Migas.

"Inisialnya DH dalam SPDP (Surat Perintah Dimulainya Penyidikan)," kata Direktur Tipid Eksus Bareskrim Polri Brigjen Victor Edy Simanjuntak di kantor SKK Migas, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 6 Mei 2015.

Victor belum dapat menjelaskan peran DH dalam kasus ini. Dia mengatakan penyidik masih mengembangkan kasus korupsi dan pencucian uang di SKK Migas ini. "Nanti kita informasikan," ujar dia.

Menurut dia, kasus ini sudah mulai diselidiki Bareskrim sejak Januari 2015 lalu, dengan memeriksa lima orang saksi. Dia menyatakan, masih ada kemungkinan keterlibatan pejabat lain di lingkungan SKK Migas dalam kasus ini. Bareskrim masih terus melakukan pemeriksaan.

"Tentu lebih dari satu orang," tegasnya.

Victor menyatakan kerugian negara yang ditimbulkan dalam kasus ini sekitar US$ 156 juta atau sekitar Rp2 triliun. Tersangka akan dijerat Pasal 2 Undang-Undang No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dan atau Pasal 3 dan Pasal  UU No 15 Tahun 2015 tentang tindak pidana pencucian uang sebagaimana diubah dengan UU No 25 tahun 2002.

Suntik Gas Elpiji, Pria di Sukabumi Digiring Polisi

Biasanya diecerkan di warung-warung sekitar Cicurug, Sukabumi

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2016