Janji Kabareskrim Soal Polisi Terima Suap Bandar Narkoba

Komjen Budi Waseso
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA.co.id - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia terus mendalami kasus perwira menengah kepolisian di Direktorat IV Bareskrim Mabes Polri, yang terlibat dalam kasus penyuapan oleh bandar narkoba di Bandung, Jawa Barat. Menurut Kabareskrim, Komjen Budi Waseso, terkait etika dalam persoalan tersebut ditangani oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam).

Danjen Kopassus: Jika Anggota Terlibat Narkoba, Pecat!

"Untuk pidananya akan saya tangani, ancamananya dipecat bisa saja," kata Budi Waseso, di kantornya, Jakarta, Selasa 5 Mei 2015.

Tapi, mantan Kapolda Gorontalo itu belum mengetahui secara persis apakah yang meminta suap itu dari anggota polisi itu sendiri, atau dari bandar narkoba yang mengasih kepada anggota polisi tersebut.

"Namanya juga nego di lapangan bisa saja, sampai saat ini kita belum tahu siapa yang menawarkan siapa yang meminta, nanti kita lihat," ujarnya.

Budi juga berjanji, akan independen dan netral dalam mengusut secara tuntas dan tidak ada pilih kasih dalam mengusut kasus suap yang diduga menimpa kepada anggotanya.
 
"Kalau ada oknum anggota saya yang melakukan pelanggaran kita tindak, kan kita mau bersih, saya sudah bilang dari awal kita harus bersihkan diri sebagai penegak hukum," tuturnya.

Kasus ini bermula adanya penangkapan bandar narkoba yang memiliki 2 kilogram sabu di Bandung, Jawa Barat. Agar kasus ini tidak berlanjut, oknum polisi meminta kepada badar narkoba tersebut sebesar Rp5 miliar, namun dari bandar hanya baru mengasih Rp3 miliar kepada anggota polisi tersebut.

Kemudian, oknum polisi menangih janji sisa pembayarannya senilai Rp2 miliar tapi dari bandar sendiri menolak membayar uang sisa tersebut. Sebab, kasus yang dialami oleh bandar narkoba terus berjalan, sehingga bandar berinisiatif untuk melaporkan kasus ini ke Bareskrim Mabes Polri, dan akhirnya anggota polisi tersebut langsung diciduk pada dua minggu lalu.

Ilustrasi narkoba jenis sabu

Operasi Narkoba, Anggota Polisi Kedapatan Positif Narkoba

Oknum anggota kepolisian itu akan tetap diproses.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016