Perekrutan Anggota Polri Akan Libatkan Banyak Pihak

Polwan Polda Metro Jaya Berjilbab.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Kabur saat Disidang, Napi Narkoba Ditangkap di Rumah Istri
- Perekrutan anggota Polri tahun 2015 akan melibatkan banyak pihak. Dari pemeriksaan administrasi hingga proses kelulusan nanti akan ditangani oleh berbagai institusi untuk menciptakan anggota Polri yang baik.

"Akan dilibatkan banyak pihak, hal ini dilakukan agar tercipta anggota Polri yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono saat menghadiri acara penandatanganan pakta integritas di Britama Arena Sports Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin 4 Mei 2015.

Ujung Maut Masalah Pelik Polisi

Pihak yang terlibat antara lain dalam hal pemeriksaan administrasi akan melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Pendidikan (Disdik).

Untuk pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ujian akademik akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan. Ujian psikologi bekerja sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia Jaya. Ujian kemampuan jasmani bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta.

Polisi Tewas Gantung Diri di Rumah Kosong

"Selain itu, kami akan kerja sama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), sejumlah LSM, Indonesia Police Watch (IPW), dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB)," ujar Unggung.

Pelaksanaan ujiannya pun, Unggung melanjutkan, akan menggunakan sistem komputer dan Polri sudah bekerja sama dengan Universitas Gunadharma dalam pelaksanaan ujian berbasis komputer tersebut.

Kelima kampus Universitas Gunadharma nanti akan dipakai dalam ujian berbasis komputer, yaitu Kampus H di Ciliwung, kampus E di Kelapa Dua, kampus K di Karawaci, kampus J1 di Kalimalang, dan kampus D di Depok.

Tahun ini, sekitar 7.645 orang mendaftar menjadi anggota Polri. Dari 7.645 orang itu, sebanyak 886 orang mendaftar Akpol, Brigadir Polisi sebanyak 5.661 orang, dan Tamtama Brimob Polri 1.096 orang. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya