Setahun Hilang, di Mana Lukisan Asli Maestro Affandi?

Lukisan Affandi "Self Portrait dan His Pipe" yang hilang
Sumber :
  • http://indoartists.com
VIVA.co.id
Makna Guratan Jokowi di Pembukaan Pameran Lukisan Istana
- Hasil karya lukis maestro Indonesia Affandi yang berjudul "Self Portrait dan His Pipe" sudah dilaporkan hilang sejak Mei 2014. Hingga kini, keberadaan lukisan senilai Rp9,9 miliar itu masih belum kembali ke tangan sang pemilik, Emir Sundoro.

Koleksi Lukisan di Istana Kepresidenan Dipamerkan

Menurut Kepala Unit I Subdirektorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Imran Gultom, kejadian kehilangan itu dilaporkan oleh Emir yang tak lain menantu dari almarhum mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional pada 1971-1973, Widjojo Nitisastro.
Pameran Lukisan Sohieb Toyaraja Digelar Sebulan Penuh


Widjojo diketahui merupakan satu-satunya pemilik lukisan itu. Sebab lukisan yang berisi potret diri Affandi dalam goresan abstrak itu sudah dibeli Widjojo sejak Affandi baru membuat sketsa. Dan kemudian diambil setelah Affandi selesai melukisnya tahun 1974.


Lukisan itu pun diwariskan turun temurun oleh keluarga Widjojo Nitisastro dan tetap ditaruh di tempat yang sama oleh anak Widjojo satu-satunya, Wijaya Laksmi Kusumaningsih (59) setelah ayahnya meninggal pada 9 Maret 2012.


Laksmi tetap menaruh lukisan itu di bangunan Joglo di rumah peninggalan Widjojo di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Sehari-hari bangunan Joglo itu dipakai untuk menerima tamu.


Namun baru pada bulan Mei 2014 Laksmi sadar lukisan itu palsu. Hal itu baru ia sadari berawal dari Sawitri, anak Laksmi yang membuka internet dan melihat ada lelang lukisan karya Affandi berjudul 'Self Portrait and His Pipe' di Hongkong awal Mei 2014. Dan disebut itu adalah lukisan asli Affandi.


"Padahal setahu dia (Sawitri), pemilik lukisan asli itu adalah kakeknya," kata Imran.


Karena itulah, Emil kemudian memanggil ahli lukisan Affandi dari Museum Affandi di Yogyakarta. "Ahli itu juga kemudian memastikan bahwa lukisan yang ada di rumah Widjojo itu palsu," ujar Imran.


"Sekarang masih kami selidiki terus. Kami juga sudah tahu waktu kapan lukisan itu hilang. Sebab kan tadinya tak ketahuan kapan waktu hilangnya. Soalnya pihak keluarga tak sadar. Sementara itu pembantu dan pekerja di rumah terus berganti. Makanya perlu dipersempit dan diketahui waktu hilangnya agar bisa terlihat yang dicurigai," ujar Imran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya