3,7 Juta Siswa SMP Hadapi Ujian Nasional

Hari Pertama Ujian Nasional Tingkat SMP
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
UN Lancar, Mendikbud Berterima Kasih pada Hacker
- Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat dilaksanakan mulai hari ini, Senin, 4 Mei 2015. Pelaksanaan UN tingkat SMP berlangsung hingga 7 Mei 2015, diikuti 50.515 SMP dan 3,7 juta siswa.

Pernyataan Mengejutkan Aurel saat Dihujat Ikut Ujian Paket C

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, Anies Baswedan, sebelumnya mengatakan bahwa persiapan UN SMP dan sederajat tuntas. Anies sudah mengecek dengan penyelenggara UN SMP daerah-daerah untuk memastikan bahwa persiapan telah dilakukan.
Pelajaran yang Sulitkan Stuart Collin saat Ujian Paket C


"Baik logistik maupun hal-hal lain terkait pelaksanaan UN SMP untuk Senin depan (hari ini)," kata Anies di kantornya, Jakarta, Kamis 30 April 2015.


Dalam persiapan UN SMP, Anies mengimbau kepada para kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) untuk menekankan dua hal, yaitu kedisiplinan dan komunikasi.


"Dalam menerapkan pola kedisiplinan pada pelaksanaan UN, saya mengimbau dan mengajak agar para pelaksana UN dapat mengikuti norma serta standar yang telah ditetapkan dan selalu aktif berkomunikasi dengan Kemendikbud," ujar Anies.


Pada UN tingkat SMP tahun ini, Anies mengaku telah siap melaksanakan UN berbasis Komputer (UNBK). Sebanyak 42 SMP siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.


"UNBK atau
Computer Base Test
(CBT) digelar di 15 provinsi dan dua sekolah Indonesia di luar negeri. Total ada 42 Sekolah yang telah siap melaksanakan UNBK dan melibatkan 9.252 siswa," kata Anies.


Ujian Nasional SMP berbasis kertas maupun berbasis komputer akan dilaksanakan selama empat hari yaitu 4-7 Mei 2015. "Mata pelajaran yang akan diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam," ujar Anies.


Dalam persiapannya, Anies mengatakan, UN SMP sudah siap dilaksanakan mulai dari pendistribusian soal hingga hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan UN. "Pendistribusian soal sudah sampai ke tingkat provinsi bahkan hampir 80 persen lebih sudah sampai di kabupaten dan kota," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya