24 Tahun Perempuan, Dika Ajukan Ubah Status Jadi Pria

Apriyanti alias Dika saat menunjukkan ijasah sekolahnya, Senin (27/4/2015)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Wahyu Kurniawan

VIVA.co.id - Apriyanti alias Apriyandika atau Dika, mengajukan permohonan ke Pengadilan Negeri Kebumen, Jawa Tengah, atas statusnya yang sudah sejak 24 tahun menetapkannya sebagai perempuan. Dalam permohonannya, ia mendesak negara untuk mengakuinya sebagai laki-laki sejati.

Dari pantauan, saat menghadiri sidang, Dika memang terlihat maskulin. Warga Desa Ayam Putih, Kecamatan Bulupesantren, Kabupaten Kebumen, ini terlihat mengenakan kaus hitam ditutupi jaket berwarna biru.

Ia pun terlihat memakai tas punggung berwarna hitam. Sepintas lihat dengan rambut pendeknya dan kulit sawo matang, tidak akan ada yang menyangka bila Dika adalah perempuan.

"Saya ingin memperjuangkan status saya. Sudah selama 24 tahun saya disebut perempuan. Saya ingin dinyatakan sebagai laki-laki," ujar Dika di Pengadilan Negeri Kebumen, Senin 27 April 2015.

Untuk diketahui, Dika lahir pada 1991. Anak pertama pasangan Suyatno dan Sutilah ini sejak lahir hingga lulus sekolah kejuruan masih menggunakan atribut perempuan mulai dari tatanan rambut hingga seragam sekolah.
 
Di akte kelahiran dan ijazahnya pun ia dicatatkan sebagai perempuan. Namun, seiring berjalannya waktu, Dika beranjak dewasa. Ia mulai menemukan jati dirinya sebagai seorang laki-laki. Bahkan, ia mulai tertarik dengan seorang gadis dan pernah bermimpi basah karena organ laki-lakinya mulai tumbuh normal.
 
"Saya juga tidak punya payudara layaknya anak perempuan. Justru saya kini memiliki jakun," kata Dika.

Tak hanya itu, guna memastikan kondisinya. Dika bersama orang tuanya pun sempat memeriksakan diri ke Rumah Sakit Sardjito di Yogyakarta. "Hasilnya, dari cek kromosom, dominan XY atau laki-laki 72 persen, sedangkan XX 27 persen," ujarnya.
 
Dika berharap permohonan pergantian status jenis kelamin yang diajukannya dapat segera dikabulkan. Ia pun nantinya bisa dinyatakan sah di mata hukum sebagai seorang laki-laki dengan nama Apriyandika. Dijadwalkan, sidang akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembuktian oleh ahli urologi.

Ubah Jenis Kelamin, Wajah Orang Ini Jadi Mengerikan

Wahyu Kurniawan/Jawa Tengah

Wanita hamil.

Cara Mudah Ketahui Jenis Kelamin Bayi di Kandungan

Ada cara alami tanpa USG.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2016