Keinginan Terakhir Mary Jane Sebelum Dieksekusi Mati

Mary Jane Viesta Veloso
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ochi April

VIVA.co.id - Wanita terpidana mati asal Filipina, Mary Jane Fiesta Veloso memohon, agara Presiden Joko Widodo memberikan kesempatan hidup kepadanya untuk membesarkan anak-anaknya yang masih kecil.

Permohonan itu disampaikan Mary melalui sepucuk surat terbuka yang dibuatnya dengan tulisan tangan, saat berada di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Wirogunan.

"Saya sungguh-sungguh mohon, selamatkan saya dari hukuman mati dan berikan saya kesempatan untuk bersama dan membesarkan anak-anak saya," kata Mary dalam salah satu bait dalam surat yang ditulisnya.

Dalam suratnya, terpidana mati kasus narkotika itu, yakin Presiden Jokowi memiliki hati nurani, melihat kondisi dirinya dan kedua anaknya yang masih kecil-kecil.

"Saya sungguh-sungguh memohon kepada yang mulia, untuk mengampuni saya dari hukuman mati. Saya percaya dan yakin bahwa Bapak punya hati nurani dan sangat bijaksana untuk mengambil keputusan yang manusiawi," tulis Mary.

Seperti diketahui Mary Jane sempat mengajukan peninjauan kembali (PK), namun Mahkamah Agung menolaknya. Mary sudah dipindahkan dari Yogyakarta ke Nusakambangan pada Jumat pagi, 24 April 2015. Dia menempati ruang isolasi di Lapas Besi Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Berikut isi surat Mary Jane untuk Presiden Joko Widodo:

Kepada Presiden Joko Widodo

Saya sungguh-sungguh memohon kepada yang mulia, untuk mengampuni saya dari hukuman mati. Saya percaya dan yakin bahwa Bapak punya hati nurani dan sangat bijaksana untuk mengambil keputusan yang manusiawi.

Jaksa Agung Bantah Eksekusi Mati Ditunda karena Tiada Dana


Saya sebagai ibu yang punya dua anak yang masih kecil dan sangat membutuhkan kasih sayang seorang yang mereka cintai.

Bapak yang mulia, saya percaya bahwa Bapak sebagai ayah untuk anak Bapak, bisa merasakan apa yang anak Bapak rasakan kalau anak Bapak yang ada di posisi anak-anak saya, pasti sangat menyakitkan karena mengambil hak anak-anak saya untuk bersama dengan ibu mereka dengan tidak mengabulkan permohonan grasi saya.

Bapak yang mulia, saya percaya sebagai Bapak Negara Indonesia seharusnya Bapak melindung anak-anaknya terutama yang benar-benar tidak bersalah.

Saya sungguh-sungguh mohon selamatkan saya dari hukuman mati dan berikan saya kesempatan untuk bersama dan membesarkan anak-anak saya.

Tuhan selalu memberkati Bapak Presiden Joko Widodo dan seluruh keluarga Bapak.

Lapas Kelas IIA Wirogunan
Jogjakarta, 16 April 2015

Mary Jane Fiesta Veloso

(asp)

Kajati DIY Diganti, Terkait Mary Jane?
Mary Jane Terpidana Mati Dapat Kado Ulang Tahun dari Anaknya

Terpidana Mati Mary Jane Dapat Kado Ulang Tahun dari Anaknya

Dia dikado kaus, sandal, kartu tahun baru dan ulang tahun.

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2016