Pakar: Gempa Nepal Bisa Terjadi di Indonesia

Gempa Nepal
Sumber :
  • REUTERS/Navesh Chitrakar
VIVA.co.id
147 Rumah di Dompu Rusak Akibat Gempa
- Peneliti gempa yang tergabung dalam Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) Irwan Meilano, menyebutkan bahwa gempa besar seperti yang melanda Nepal, juga bisa terjadi di Indonesia.

Gempa 5,6 SR Guncang Dompu, NTB

Irwan mengatakan, gempa besar berpotensi mengguncang Indonesia, karena kondisi tektonik Indonesia saat ini cukup lengkap.
Garut Diguncang Gempa


"Faktor amplifikasi seperti yang terjadi pada saat gempa Nepal, atau gempa Yogyakarta 2006, dan gempa Sumbar 2009, mungkin juga dialami beberapa kota di Indonesia yang ditutupi oleh sedimen halus yang tebal," kata Irwan, Minggu 27 April 2015.


Menurut Irwan, sudah saatnya Indonesia berbenah, agar tidak timbul banyak korban jiwa seperti yang terjadi di bencana gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) yang melanda Nepal, akhir pekan kemarin.


"Karenanya beberapa kota besar dengan penduduk padat di Indonesia, harus dipersiapkan infrastrukturnya untuk menghadapi guncangan keras akibat gempa," ujar Irwan.


Seperti diketahui, diperkirakan sudah lebih dari 1.400 orang meninggal dunia akibat l. Korban tewas sebagian besar akibat tertimpa bangunan yang roboh. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya