Batu Garut Juarai Kontes Penyemarak KAA

Batu Akik Panca Warna Garut yang akan menjadi Suvenir KAA
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat
VIVA.co.id
Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar
- Batu Garut yang selama ini banyak dicari para kolektor, tenyata mampu membuktikan diri bisa bersaing dengan batu-batu super lainnya di Indonesia. Batu itu keluar sebagai juara umum pada kontes Gemstone For Asian African Solidarity di Bandung.

Kopi Terakhir Pedagang Akik sebelum Lapaknya Digusur

Yudi Nugraha, juga pemilik Lasminingrat Gemstone Garut, mengatakan bahwa batu panca warna Garut menjadi juara 1, 2, dan 3 di kelas Super Chalsedony. Ada pun batu hijau Garut menjadi juara pertama, setelah mengalahkan batu bacan dan indocrase.
Tren Batu Akik Turun Drastis, Ada Apa?


"Nah, kalau kategori gambar kristal batu Garut menempati posisi kedua. Kemudian, batu kategori badar menempati posisi ke-3," ujarnya kepada
VIVA.co.id
, Minggu 26 April 2015.


Dengan raihan prestasi tersebut, batu milik Yudi, meraih juara umum dan dan memboyong tropi Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Kontes itu digelar di Balai Kota Bandung, bersamaan dengan perhelatan peringatan 60 tahun KAA.


"Ya, saya sebagai pecinta batu Garut, sangat bangga dan karena batu Garut bisa dibuktikan sebagai batu yang berkelas di Indonesia," kata Yudi.


Yudi berharap, dengan prestasi tersebut, batu Garut mampu merambah pasar nasional maupun internasional. Sebab, selama ini batu Garut hanya dikenal sebagai batu lokal yang tak memiliki pangsa pasar yang jelas.


"Jika batu Garut mampu sejajar dengan batu kelas lainnya di Indonesia, akan mendongkrak potensi batu di Kabupaten Garut," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya