Pemprov Jateng Tagih Janji Jokowi Bangun 10 Waduk

Jokowi Resmikan Taman Kota Waduk Pluit
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA co.id - Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera merealisasikan pembangunan 10 waduk di daerahnya untuk mendukung irigasi pertanian. Tujuannya, agar program swasembada pangan secara nasional dapat segera terwujud.

"Usulan pembangunan waduk di Jateng merupakan paling banyak dibandingkan provinsi lain di Indonesia. Bahkan Jateng paling terbesar di Indonesia. Kebetulan usulan waduk itu bertepatan dengan program pemerintahan Jokowi-JK," kata Kepala Dinas PSDA Provinsi Jateng, Prasetyo Budhie Yuwono, Minggu, 26 April 2015.

Kesepuluh waduk yang akan dibangun di Jawa Tengah itu di antaranya, Matenggeng, Citandui, Jatinegara, Kedungjati, Wisnu, Timbangan Demak, dan beberapa waduk lain. Menurut Budhie, realisasi waduk seperti yang dijanjikan Jokowi tersebut harus segera terealisasi.

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama

Sebab, kedaulatan pangan yang dicanangkan pemerintah harus segera terwujud. Terlebih, usulan 10 waduk di Jateng hampir sebagian telah diwacanakan sekitar 10 tahun lalu.

"Usulan waduk itu disampaikan sebelum Presiden Jokowi terpilih menjadi presiden. Latar belakang usulan pembangunan itu merupakan usulan masyarakat yang ditampung Presiden," ujar dia.

Awalnya, lanjut Budhie, pembangunan waduk menjadi usulan pemerintah daerah, akan tetap menelan biaya cukup besar. Dengan begitu, diambil alih oleh pemerintah pusat dengan sumber anggaran besar.

"Pemerintah daerah tidak ada duit untuk pembangunan itu. Maka, kita usulkan kepada pemerintah Jokowi yang mencanangkan pembangunan 50 waduk se-Indonesia," lanjutnya.

Saat ini, ada tiga waduk yang akan segera terealisasi dan dimulai pengerjaan. Adapun tahapannya masih dalam penyusunan dan pembahasan rencana detail pembangunan.

Proyek ini nanti akan ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Ketiganya antara lain waduk Matenggeng (Cilacap), Jatinegera (Tegal) dan Kedungjati Kabupaten (Blora).

"Rencananya pembangunan ketiga waduk itu akan segera dimulai tahun 2016 secara bertahap," ungkapnya.

Pembangunan waduk yang menjadi usulan terbanyak di Jateng ini bukanlah tanpa alasan. Selain Jateng sebagai provinsi yang menyumbang swasembada beras terbesar di Indonesia, pun pembangunan waduk sangat bersinergi dengan program Jokowi-JK selama lima tahun kepemimpinan nanti.

Harapannya, pasca ke-10 waduk selesai dibangun, ketersediaan air baku, lahan konservasi serta mendukung kawasan stretegis nasional, irigasi dan penyediaan air untuk PLTU akan terwujud.

"Beberapa investor PLTU bahkan sudah melirik bila waduk terealiasasi, karena manfaatnya sebagai sumber utama rencana kawasan industri. Seperti di Cilacap," tuturnya.

Ahok Ungkap Alasan Jokowi Sindir Keuangan Daerah
Ilustrasi formulir pajak

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

"Sudah jadi budaya di Indonesia."

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016