Puluhan Komunitas Meriahkan Pekan Imunisasi Dunia di Monas

Pekan Imunisasi Dunia di gelar di Lapangan Monas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Romys Binekasri
VIVA.co.id
Artis Cantik Tiongkok Bawa Anak Imunisasi ke Amerika
- Pekan Imunisasi Dunia diadakan oleh Kementerian Kesehatan berlangsung di Lapangan Monas. Acara ini diikuti ribuan masyarakat yang tergabung dalam berbagai kelompok, sedikitnya ada 44 komunitas.

Yogyakarta Absen Gelar Pekan Imunisasi Nasional Polio

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL) Kementerian Kesehatan, Mohamad Subuh, mengatakan aktivitas ini merupakan acara puncak dari program yang sudah dilakukan di tiap daerah.
Apa Itu Imunisasi Influenza?


"Ini acara puncak, kami sudah melakukan serentak program imunisasi di seluruh daerah," ujarnya, di Lapangan Monas, Jakarta, Minggu, 26 April 2015.


Menurutnya, sosialisasi ini dapat dilakukan secara efektif. Dia menjelaskan, estimasi di seluruh dunia pada tahun 2013, satu dari lima anak atau sekitar 21,8 juta anak tidak mendapatkan imunisasi yang bisa menyelamatkan nyawanya.


Adapun di Indonesia, imunisasi dasar lengkap mencapai 86,8 persen ,dan perlu ditingkatkan hingga mencapai target 93 persen di tahun 2019.


Universal child immunization
(UCI) desa yang kini mencapai 82,9 persen perlu ditingkatkan hingga mencapai 92 persen pada 2019.


Sedangkan di tingkat nasional, pihaknya mengharapkan, target imunisasi dasar lengkap 91 persen dan UCI desa 84 persen pada akhir tahun 2015 ini.


Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F. Moeloek berharap, imunisasi yang diberikan oleh seluruh anak Indonesia agar anak-anak Indonesia terhindar dari berbagai penyakit.


"Acara ini kami memberikan cakupan imunisasi bagi anak-anak. Kalau sampai bisa dapat 80-90 persen, saya kira kita mendapatkan anak-anak yang tangguh," tuturnya.


Dalam acara ini, masyarakat langsung bisa berkonsultasi dengan sejumlah petugas di stan soal imunisasi lengkap anak, program keluarga berencana, sampai kesehatan ibu hamil.


Berdasarkan informasi perserta ikut gerak jalan sehat mencapai 5.000 orang, mulai dari anak sekolah, perawat, hingga komunitas orangtua peduli anak hadir dalam aksi gerak jalan.


Masyarakat yang ingin tahu informasi soal berbagai imunisasi, seperti hepatitis B, TBC, polio, difteria, pertusis, tetanus, campak, pneumonia dan meningitis bisa datang ke acara ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya