Risma Bangun Lapangan Futsal di Eks Dolly

PSK Dolly
Sumber :
  • VIVAnews/Tudji Martudji

VIVA.co.id - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma berkomitmen terus memperbanyak ruang terbuka hijau dan lapangan futsal untuk masyarakat.

Pemerintah Kota Surabaya telah mengalokasikan dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2015 untuk membangun 25 lapangan futsal yang dikonsentrasikan di wilayah bekas lokalisasi Dolly dan Dupak Bangunsari.

Fokus pembangunan sarana olah raga di eks kawasan lokalisasi adalah bagian dari upaya revitalisasi dan alih fungsi. Sarana dan fasilitas umum yang sudah dibenahi diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

"Anak-anak di eks lokalisasi bisa pulih secara sosial. Mereka menjadi punya tempat untuk menyalurkan hobinya," kata Kepala Bidang Olah Raga Prestasi Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Surabaya, Edi Santoso, Kamis, 23 April 2015.

Edi menjelaskan, satu lapangan futsal di Putat Jaya (Dolly) diajukan melalui perubahan anggaran keuangan pada akhir tahun. Sedangkan dua lapangan futsal di daerah Dupak Bangunsari sudah pada tahap lelang. Selain itu, satu lapangan futsal di bekas tempat pembuangan akhir Keputih juga sedang proses lelang.

Menurut Edi, fokus pembangunan fasilitas umum ini tidak membuat Pemerintah Kota melupakan aspek pemeliharaan. Untuk menjaga lapangan tetap dalam kondisi baik, Dinas melibatkan peran satuan kerja khusus. Satker beranggotakan sepuluh personel yang tiap hari rutin berkeliling mengawasi sarana olah raga milik Pemkot.

“Kalau ada yang kotor atau rusak, satker akan segera mengambil tindakan pembenahan,” kata Edi.

Tidak hanya penyegaran bagi daerah eks lokalisasi, sarana olah raga di kota metropolis memang harus dipenuhi.

Puluhan sarana olah raga

Berdasarkan data Dinas Pemuda dan Olah Raga Surabaya, sejak 2011 hingga 2014, Pemerintah Kota telah membangun 39 lapangan futsal, 19 lapangan sepak bola, 51 lapangan basket, 65 lapangan voli, tujuh lapangan bulu tangkis, dua lapangan tenis, dan empat arena panjat tebing. Semua sarana dibangun di atas lahan milik Pemkot.

“Kebanyakan lapangan dibangun di taman-taman kota. Meski tidak sedikit pula yang lokasinya ada di tanah milik Pemkot di wilayah permukiman,” katanya.

Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya

Risma Akan Bangun Lapangan Futsal di Eks Lokalisasi Dolly


Lapangan futsal di Taman Ronggolawe, Kota Surabaya, Jawa Timur. (VIVA.co.id/Zumrotul Abidin)

Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta


Tahun ini, Pemkot siap membangun 25 lapangan futsal baru. Jumlah itu terbilang cukup banyak karena penggemar olah raga futsal mengalami peningkatan signifikan. Futsal termasuk olah raga yang praktis, tidak membutuhkan banyak biaya sehingga cocok bagi semua kalangan.

Dari puluhan lapangan futsal di Surabaya, lima lapangan di antaranya dilengkapi rumput sintetis. Kelima lapangan itu terletak di Taman Kunang-kunang, Taman Mayangkara, Taman Ronggolawe, dan Taman Jangkar.

“Semua lapangan tersebut bebas, bisa dimanfaatkan warga secara gratis,” ujar Edi.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma.

Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem

Sisanya, akan minta anggaran dari APBN.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016