Menaker Geram TKI Dieksekusi Mati Saudi Tanpa Beri Tahu

Puluhan orang yang tergabung dalam Migrant Care menggelar aksi unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Saudi Arabia Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id -
Cerita TKI Hong Kong Kena COVID-19 Ditelantarkan Majikan
Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri, memprotes keras atas perilaku pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang kembali menghukum mati seorang TKI asal Brebes bernama Karni tanpa pemberitahuan kepada pemerintah Indonesia. Padahal, pemerintah Indonesia sudah memberikan respons keras atas eksekusi Siti Zainab.

Kisah Perjalanan Para TKI Jadi Korban Kerja Paksa di Malaysia

"Tidak ada notifikasi resmi sebagaimana kelaziman dan etika dalam hubungan diplomatik," kata Hanif.
Sebar Video Majikan Telanjang, TKI di Singapura Dibui 17 Bulan Penjara


Hanif menuturkan, satu hari sebelum dilaksanakannya hukuman mati, Karni yang sedang ditahan di penjara Madinah, telah dikunjungi oleh Konsul Jenderal RI Jeddah selama 1,5 jam. Namun tidak diperolah informasi apapun mengenai kemungkinan dilaksanakannya hukuman mati, baik dari otoritas penjara maupun dari Karni.


"Kita benar-benar terpukul dan berduka. Semoga almarhumah diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT. Pemerintah menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga Karni di Brebes, Jawa Tengah," kata dia.


Dalam menghadapi kasus Karni, lanjut dia, pemerintah telah berjuang keras dan berupaya semaksimal mungkin untuk membebaskan yang bersangkutan daru ancaman hukuman mati.


"Pembelaan hukum, diplomasi resmi, pendekatan informal kepada keluarga maupun tokoh masyarakat setempat, semua dilakukan," ujar dia.![vivamore="
Baca Juga
:"]

TKI Asal Madura Siti Zaenab Dihukum Mati di Arab Saudi

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya