Dinas Pendidikan Yogyakarta Tolak UN Diulang

Ilustrasi pekerjaan bidang IT.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dewi Fajriani
VIVA.co.id
UN Lancar, Mendikbud Berterima Kasih pada Hacker
- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta menolak rencana Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, untuk mengulang kembali Ujian Nasional untuk daerah yang mendapatkan kebocoran soal.

Pernyataan Mengejutkan Aurel saat Dihujat Ikut Ujian Paket C

Baskara Aji, kepala Disdikpora Yogyakarta, mengatakan bila secara prosedural Yogyakarta tidak menggunakan soal hasil pencetakan dari percetakan negara. Karena itu, jika ada kemiripan soal yang kemudian disebut bocor, tak sepenuhnya Yogyakarta harus disalahkan perihal UN.

 "Pencetakan soal UN untuk Yogyakarta dari Kudus yaitu Percetakan Pura Barutama Kudus. (Jadi)  Bagaimana mungkin UN di Jogja diulang. Salah kita apa?" ujar Baskara, Jumat 17 April 2015.

Menurutnya, setiap soal UN setiap provinsi berbeda karena itulah setiap daerah diminta mencari percetakan sendiri. "Kalau bisa bocor di mana bocornya? Kalau soal sama artinya kan soal itu dibuat di Jakarta," katanya.

Sebelumnya, Menteri Anies memang mengatakan bahwa para siswa yang mengerjakan UN dari soal yang bocor akan menjalani ujian ulang. Sebab hasil ujian itu berarti tidak sah, sehingga harus diulang.

Sejauh ini diketahui ada dua daerah yakni Aceh dan Yogyakarta yang dilaporkan terjadi kebocoran soal. "Di dua daerah yang menggunakan 30 paket soal itu akan dilihat, ada kecurangan atau enggak. Kalau enggak ada, maka enggak masalah. Kalau ada kecurangan maka di tempat itu harus ada pengulangan," kata Anies.

![vivamore="
Pelajaran yang Sulitkan Stuart Collin saat Ujian Paket C
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya