Jalan Mulus Badrodin Haiti Jadi Kapolri

Wakapolri Badrodin Haiti di Rapat Pimpinan TNI Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Kapolri: Jumlah Kelompok Santoso Poso Puluhan Orang
- Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Badrodin Haiti bukanlah nama pertama yang ajukan Presiden Joko Widodo menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Sutarman.

Badrodin Haiti Resmi Jadi Kapolri

Dalam catatan VIVA.co.id, pada 9 Februari 2015, Presiden mengajukan surat ke DPR atas nama Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai calon Kapolri untuk dilakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) oleh wakil rakyat itu.

Sehari sebelum pelaksanaan, Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan status tersangka terhadap Komjen Budi. Walau Paripurna DPR memutuskan menerima Komjen Budi (Fraksi Demokrat saja yang menolak), namun Presiden urung melantiknya. Alasannya, menunggu proses hukum praperadilan Komjen Budi di Pengadilan Jakarta Selatan.

Tetapi, Presiden tidak juga melantik Komjen Budi, walau praperadilan memenangkannya. Sehingga, status tersangka Komjen Budi Gunawan, tidak berlaku lagi.

Saat DPR mulai reses Maret lalu, Presiden kembali mengajukan Komjen Badrodin Haiti selaku calon Kapolri.

Demi memperlancar pencalonan, Komjen Badrodin Haiti sowan ke hampir semua pimpinan partai oposisi, Koalisi Merah Putih (KMP). "Pak Badrodin sudah bertemu dengan semua ketua umum partai KMP," kata politisi Partai Golkar, Nurul Arifin.

Setelah komunikasi itu berjalan mulus dan KMP memberi lampu hijau, Komjen Badrodin lalu mempersiapkan diri.

"Sudah dipersiapkan. Kalau Minggu depan, ada fit and proper test akan saya sampaikan program-program Polri, terutama yang prioritas untuk tahun 2015 dan 2016," kata Badrodin di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 2 April 2015 lalu.

Sejumlah program andalan, sudah siap dipaparkan Komjen Badrodin. "Ada operasional, termasuk profesionalisme anggota Polri juga harus ditingkatkan. Begitu juga pelayanan Polri dan soliditas internal juga harus dibenahi," tuturnya.

Tidak ada persoalan yang memberatkan Komisi III DPR, untuk menolak Komjen Badrodin. Tak hanya itu, baik KPK maupun Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), usai rapat dengar pendapat dengan Komisi III menyangkut calon Kapolri ini, menyatakan bahwa Komjen Badrodin clear and clean. Tidak terjerat dugaan kasus korupsi, atau yang lainnya.

Pimpinan DPR, juga sudah memberi lampu hijau usai rapat konsultasi dengan Presiden beberapa waktu lalu. (asp)

Besok, Badrodin Haiti Dilantik Jadi Kapolri

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya