Kantornya Digeledah, Ini Reaksi Perum Percetakan Negara

Ujian Nasional SMA Sistem Online Berbasis Komputer
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Polisi menggeledah kantor Perusahaan Umum Percetakan Negara di Jalan Percetakan Negara 21, Jakarta Pusat, Rabu, 15 April 2015.

Wagub Djarot Pantau UN di Lapas Cipinang

Penggeledahan dilakukan terkait kasus bocornya naskah ujian nasional (UN) mata pelajaran IPA dalam format PDF, yang diunggah secara ilegal pada sebuah akun Google Drive, Senin 13 April 2015.

Saat pengeledahan, petugas keamanan melarang wartawan masuk. Selain itu, tidak ada pihak terkait yang mau memberi penjelasan terkait penggeledahan ini.

Menag: Siswa Tak Lagi Dihantui Persoalan Kelulusan

Pernyataan justru disampaikan melalui petugas keamanan. Humas Perum Percetakan Negara mengeluarkan selebaran berisi pernyataan sikap mereka. Selebaran itu ditempel di bagian depan gedung.

Dalam penjelasannya, bagian humas Percetakan Negara memastikan bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk menjaga kerahasian dokumen karena mereka yang sejak lama diberita tugas untuk mencetak dokumen negara.

Tiga Hari Perjalanan, Naskah UN Akhirnya Tiba di Jakarta

Berikut keterangan pers Percetakan Negara:

1. Sebagai perusahaan sekuriti printing, kami sudah sejak lama mendapat tugas negara mengamankan dokumen negara, termasuk dokumen ujian negara.

2. Kami telah memenuhi persyaratan Botasupal untuk melaksanakan pekerjaan percetakan sekuriti, termasuk ujian negara.

3. Dalam pelaksanaan pencetakan ujian negara ini, kami bekerjasama dengan tim kepolisian dari sejak pengambilan materi, serah-terima materi dan dalam proses pencetakan hingga pengiriman materi kepada user.

4. Terkait indikasi adanya kebocoran, kami bukan satu-satunya percetakan yang melaksanakan tugas negara ini, mohon azas praduga tak bersalah kita junjung tinggi. Karena itu, kami siap bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam proses pemeriksaan.

5. Semoga semangat kami untuk mendukung tugas negara tidak dicederai oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya