Soal Bocor, Siswa Ini Minta UGM Tak Jadikan Nilai UN Rujukan

Seorang siswi di Kota Malang saat mengerjakan UN berbasis komputer
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Pitaloka
VIVA.co.id
UN Lancar, Mendikbud Berterima Kasih pada Hacker
- Lantaran kecewa soal ujian nasional (UN) bocor, seorang siswa SMAN 3 Jogja M Tsaqif Wismadi mengirimkan surat elektronik ke Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia meminta UGM tidak mempertimbangkan nilai UN dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Pernyataan Mengejutkan Aurel saat Dihujat Ikut Ujian Paket C

"Ya benar, memang saya yang kirim surat elektronik itu ke UGM. Awalnya kami diangkatan kami dapat link soal UN, katanya hanya untuk belajar saja. Tapi kok aneh ada semua mata pelajaran dan semua paketnya," kata Tsaqif usai mengikuti UN, Rabu 15 April 2015.

Menurut siswa IPA ini, ia mendapat link tersebut melalui grup sekolahnya. Awalnya ia dan kawan-kawannya hanya mengira itu adalah soal untuk latihan.

"Begitu hari pertama kok saya lihat materi soal UN sama dengan yang kami dapatkan di grup. Akhirnya kami kecewa kami sudah belajar tapi ada kejadian seperti ini. Saya jeleh (bosan) dan kasihan dengan teman-teman dan saya sendiri yang sudah belajar dan memilih jujur," kata Tsaqif.

Dengan kejadian itulah akhirnya ia berinisiatif menulis surat ke UGM. Berikut surat elektronik yang ditulis Tsaqif.

Bapak/Ibu Pengelola email Universitas Gadjah Mada

Sebelumnya saya akan mengutarakan identitas saya, nama saya Muhammad Tsaqif Wismadi siswa kelas 3 SMA Negeri 3 Yogyakarta yang akan lulus dan menjalani UNAS pada tahun ini (2015) .

Pak/Bu saya ingin menyampaikan bahwa terjadi kebocoran soal unas , digrup sosial media angkatan kami tadi malam dari link ini https://drive.google.com/folderview?id=0ByCf0ZC2K5Qzfl9FS2lSM18zcU91N2ZUaGdTdHR2cDE4MUgxMWMtV3FoRllpVFNoOTN5ZDg&usp=sharing

didalam link tersebut ada semua soal mata pelajaran UNAS beserta ke lima paketnya , pertamanya kami tidak percaya namun setelah menjalani unas pada hari pertama ini kami menyadari bahwa soal soal di link tersebut benar benar soal ujian nasional dengan kemiripan 100% dengan yang kami kerjakan.

Sehubungan dengan hal itu kami siswa SMA 3 yang tidak sengaja mendapatkan soal tersebut dengan cuma cuma berasumsi bahwa pasti soal tersebut sudah beredar luas di jogja dan sekitarnya dengan sangat gampang dan tanpa dikenakan biaya, oleh karena itu kami memohon kepada Universitas Gadjah Mada untuk tidak mempertimbangkan nilai UNAS sama sekali dalam seleksi SNMPTN dengan maksut memperoleh keadilan untuk teman teman kami yang memiliki integritas diri yang tinggi dan memilih tetap mengerjakan dengan jujur walaupun sangat gampang memperoleh nilai sangat baik melalui link tersebut, dan memohon kepada pihak universitas mempertimbangkan email ini dan mempertimbangkan kembali kredibilitas dari Ujian Nasional.

Terimakasih atas perhatiannya.

Hormat Saya
Muhammad Tsaqif Wismadi.

Sementara itu Walikota Jogja, Haryadi Suyuti saat dihubungi VIVA.co.id menegaskan akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait.

"Saya yakin siswa saya di kota tidak mengetahui hal itu, karena ini kan nasional. Kami akan segera berkoordinasi dengan dinas dan menanyakan ke pusat," kata Haryadi.

Sebelumnya diketahui soal ujian nasional hari pertama diduga sama dengan materi soal yang diterima siswa dari sejumlah SMA di Kota Jogja.

Materi soal tersebut disebar melalui grup lina angkatan SMA 3 Jogja. Materi soal tersebut didapat siswa lewat  link google drive berjudul berjudul "Ayo Belajar UN 2015” di https:// drive.google.com/folderview? id= 0ByCf0ZC2K5Qzfl9FS2ISM 18zcU91N2ZUaGdTdHR2cDE4MUgx MWMTV3FoRIIpVFNo0TN5ZDg&us p=sharing.

Pelajaran yang Sulitkan Stuart Collin saat Ujian Paket C
![vivamore=" Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya