Ditinggal Orangtua, Bayi Gizi Buruk Dirawat Bocah 5 Tahun

Cindrawati saat menjaga adiknya Riskawati yang terkena hidrocephalus
Sumber :
  • VIVA.co.id/Kadek Sugiarta
VIVA.co.id
Anak Usia 2-10 Rawan Kekurangan Gizi
- Malang nian nasib Riskawati Paile. Bayi berusia tiga tahun penderita hidrosefalus dan gizi buruk ini dibiarkan telantar oleh kedua orangtuanya. Kini, bayi tak berdaya ini hanya diurus oleh kedua kakaknya yang masing-masing masih berusia lima tahun dan empat tahun.

Orangtua Penyebab Utama Anak Terkena Gizi Buruk

Jumat lalu, 10 April 2015, Riskawati sudah dilarikan ke pusat pemulihan gizi bayi, Therapeutic Feeding Center (TFC) di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Sejak saat itu, tak ada satupun pihak keluarga yang menjenguk dan menjaga Riskawati.

Keseharian bayi malang itu hanya didampingi Cindrawati Paile (5 tahun) dan sang adik yang masih berusia 4 tahun. Cindrawati yang telah putus Sekolah Dasar itu mengaku tak mengetahui pasti di mana kedua orang tua mereka.

"Ayah sekarang di Kota Palu. Kalau Ibu, kini kabarnya tinggal di Marisa Pohuwato. Ibu juga sudah menikah lagi. Jadi kami harus merawat adik kami," cerita Cindrawati yang mengaku berasal dari Desa Cendana Putih Kecamatan Bone Kabupaten Bonebolango, Selasa 14 April 2015.

Sejauh ini, penanganan Riskawati masih sepenuhnya ditangani intensif oleh petugas di TFC. Petugas mengaku terkendala dengan ketiadaan identitas resmi dari ketiga bocah ini. Terkhusus Riskawati yang membutuhkan dua perawatan sekaligus yakni penyakit gizi buruknya dan hidrosepalus yang harus dirujuk ke Rumah Sakit.

"Mereka tak memiliki Kartu Keluarga dan kartu BPJS. Jadi kami cukup kesulitan nanti untuk mengurus administrasi mereka. Sejauh ini kami terus berupaya intensif merawat adik mereka Riskawati. Mudah-mudahan ada pihak keluarga mereka yang mau membantu," ujar Ketua TFC Bone Dewi Susan Poha. (ase)


Kadek Sugiarta/Gorontalo

![vivamore="
Sepuluh Tanda Anak Bergizi Baik
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya