Kendala Baru yang Mempersulit UN Online

Ujian Nasional berbasis komputer
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Ahok: UN Online Tak Bikin Siswa Tegang dan Stres
- Pemerintah mengklaim gagal
login
Doa untuk UN Jadi Pencarian Tertinggi di Google
pada ujian nasional berbasis komputer hanya terjadi pada sebagian siswa dalam satu ruang ujian. Pemerintah bahkan menyebut gagal login
Jokowi Doakan Semua Siswa Lulus dengan Nilai Baik
akibat siswa salah memasukkan nomer token.

Juru bicara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ari Santoso, mengatakan, nomer token atau Personal Identity Number (PIN) memiliki masa pemakaian. "Jika salah menginput hingga batas yang ditentukan, otomatis token akan langsung terblokir," kata Ari kepada VIVA.co.id.

Meski begitu, Ari mengimbau kepada peserta ujian untuk tak sungkan meminta nomor token baru kepada teknisi yang ada di ruang pelaksanaan ujian. Selain itu, bagi siswa yang masih juga gagal login, pemerintah meminta agar siswa mengikuti ujian susulan yang akan digelar tanggal 20 dan 21 April mendatang.

Sebelumnya, sedikitnya 30 siswa SMKN 3 Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta gagal melakukan login pada ujian nasional berbasis komputer sesi pertama. Puluhan siswa itu lantas mengulang ujian mata pelajaran Bahasa  Indonesia pada sesi keempat, pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Kepala Sekolah SMKN 3 Kasihan Bantul, Rahmad Supriyono, memutuskan untuk menunda pelaksanaan ujian nasional terhadap puluhan siswanya dan memasukkan mereka dalam ujian sesi keempat.

Sedangkan sesi ketiga 59 dari 179 siswa UN berbasis komputer di sekolah itu berhasil login dan mengerjakan soal Ujian Nasional hingga selesai.

SMKN 3 Kasihan, Kabupaten Bantul, menjadi satu dari 34 SMK lain dan 1 SMA di DIY yang mengalami gangguan gagal login di hari pertama pelaksanaan ujian yang menggunakan CBT (Computer Base Test). (one)

Nur Azizah

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya