Sekolah di Jatim Paling Banyak Gelar UN Berbasis Komputer

Seorang siswi di Kota Malang saat mengerjakan UN berbasis komputer
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Pitaloka
VIVA.co.id
UN Lancar, Mendikbud Berterima Kasih pada Hacker
- Provinsi Jawa Timur menjadi daerah terbanyak yang menyiapkan sekolahnya untuk menyelenggarakan Ujian Nasional berbasis komputer. Tercatat dari 556 sekolah yang telah diverifikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebanyak 150 sekolah ada di Jawa Timur.

Pernyataan Mengejutkan Aurel saat Dihujat Ikut Ujian Paket C

"Jawa Timur jadi provinsi dengan sekolah terbanyak,” kata Kepala Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Sumarno, di  SMAN 4 Kota Malang Senin 13 April 2015.

Menurutnya, Jawa Timur tergolong antusias dalam menyambut ujian berbasis komputer itu. “Ada banyak pengajuan dari sekolah, tetapi setelah diverifikasi ada beberapa sekolah yang tak memenuhi persaratan. Jawa Timur banyak yang lolos karena banyak memenuhi persyaratan terutama dalam hal jaringan, listrik dan komputer serta tenaga teknis,” katanya.

Sistem ujian berbasis komputer, sedang digalakkan karena nantinya diharapkan program ini bisa memangkas berbagai biaya yang harus dikeluarkan saat melangsungkan ujian berbasis kertas. “Memang anggaran akan berat di awal, tapi pada jangka panjang akan menghemat anggaran serta mencegah terjadinya kecurangan seperti mencontek,” katanya.

Nantinya, untuk membantu pengadaan komputer, Kementrian Pendidikan akan mengajukan bantuan anggaran sarana komputer lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) di masing-masing Kota dan Kabupaten.

“Tahun depan rencananya ada bantuan anggaran pakai DAK masing-masing Kota dan Kabupaten. Tapi rencana ini masih akan diajukan ke DPR, tergantung apakah disetujui atau tidak,” katanya.

![vivamore="
Pelajaran yang Sulitkan Stuart Collin saat Ujian Paket C
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya