Jelang UN, Siswa Belajar Hingga Berdoa Siang Malam

Hari Pertama Ujian Nasional
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Ujian Nasional (UN) masih saja menjadi momok yang menakutkan bagi siswa. Untuk menghadapi UN, para siswa kerap belajar ekstra. Tak hanya itu, mereka juga tak henti-hentinya memanjatkan doa agar bisa lulus dari UN tersebut.

UN Lancar, Mendikbud Berterima Kasih pada Hacker

“Kami belajar lebih giat. Waktu bermain, hari-hari libur kami gunakan untuk belajar. Kalau doa, kami yang mau UN besok, siang dan malam selalu berdoa agar kami lulus,” ujar Andri Saputra, siswa SMA Negeri 1 Lhokseumawe kepada VIVA.co.id, Minggu, 12 April 2015.

Menurut dia, UN dianggap genting bagi sebagian siswa. Namun di sekolahnya para guru selalu memberi nasihat agar tidak takut pada UN. “Kata guru, kuncinya belajar, berusaha, dan berdoa, Insya Allah lulus,” kata Andri.

Pernyataan Mengejutkan Aurel saat Dihujat Ikut Ujian Paket C

Ia bersama teman-temannya mengaku sudah siap menghadapi UN. Selama ini, kata Andri, di sekolahnya selalu digelar doa bersama ketika usai membaca surat Yasin, setiap hari Jumat. Baginya, doa bersama yang digelar di sekolah menjadi obat psikologis untuk mengurangi beban.

Selain berdoa di sekolah. Andri dan teman-temannya juga mendapat bantuan doa dari orang tua dan keluarga mereka. “Usai berdoa kami biasanya lebih tenang, lebih santai. Kami juga dibantu doa sama ayah dan mamak serta keluarga. Insya Allah saya dan teman-teman sudah siap.”

Distribusi soal UN

Sementara itu, menjelang UN yang digelar serentak Senin (13/4) besok, naskah soal UN jenjang SMU, SMK dan MA di Kota Solo, Minggu pagi mulai didistribusikan ke subrayon.

Pelajaran yang Sulitkan Stuart Collin saat Ujian Paket C

Distribusi soal UN ditandai dengan pembukaan gembok dan kertas segel oleh petugas yang disaksikan sejumlah pengawas dan kepala sekolah peserta UN, di gudang penyimpanan soal UN di SMK Negeri 2 Solo.

Selanjutnya, paket-paket berisi soal UN tersebut dibawa ke rayon dan subrayon dengan pengawalan ketat dari personel Polresta Surakarta. "Untuk Solo 3 Subrayon tempat distribusi soal UN jenjang SMU, SMK, dan MA ada di SMU 1, SMKN2 da SMKN 6. Seluruh naskah yang digunakan dalam UN untuk SMU ada 5.806 naskah dan untuk SMK 7.795 naskah," kata Susanta, Koordinator Rayon Solo.

Setelah berada di subrayon, nantinya naskah-naskah soal UN tersebut Senin pagi baru didistribukan ke sekolah-sekolah peserta UN.



Laporan: Salahuddin/Solo/tvOne

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya