Hutan Mistis Tempat Pembantaian Pengikut PKI di Kendal

Salah satu Jati raksasa di hutan Darupono, Kendal
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko
VIVA.co.id
Kisah Pelukis Arwah Si Manis Jembatan Ancol
- Belum lama ini, dalam sebuah berita di koran lokal, dilaporkan pengungkapan misteri pembunuhan seorang gadis yang mayatnya ditemukan membusuk di area hutan Jati petak 45F Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan.

Cerita Bung Karno Jadi Model Patung Bundaran HI

Pelaku tak lain adalah kekasih korban yang berhasil ditangkap dalam pelariannya di Jawa Timur. Berdalih terbakar api cemburu dan sakit hati, pelaku mengaku terpaksa membunuh kekasihnya. Kisah inipun menambah daftar panjang cerita angker di hutan nan lebat di Darupono.

Sejak lama, warga sekitar merekam jelas ingatannya tentang beragam cerita angker di kawasan yang kini menjadi Cagar Alam Pagerwunung Darupono. Salah satunya adalah tentang pembantaian saat meledaknya peristiwa pemberontakan Partai Komunis Indonesia di tahun 1965.

Konon, banyak para pengikut PKI dibantai oleh para tentara di hutan itu. Mereka disuruh menggali lubang kuburannya sendiri dan kemudian diberondong senjata hingga bergelimpangan di dalam lubang.

“Sejak peristiwa itu, masyarakat sering melihat penampakan orang-orang berbaris tapi tanpa kepala. Mereka mondar-mandir di sekitar hutan ini,” cerita Birin.

Yang tak kalah menakutkannya, adalah cerita kemunculan ular piton raksasa yang kerap melintas di jalan kawasan hutan Darupono. Ular itu bahkan disebut memiliki panjang tak terkira.

Bahkan konon ceritanya pernah tertabrak oleh seorang pengendara, namun ular itu bergeming dan tetap melanjutkan perjalanannya.

“Pernah juga ada pendatang mengambil ular yang kecil untuk dibawa pulang. Malamnya dia bermimpi didatangi sesosok orang tua meminta ular itu dikembalikan. Tadinya tidak akan dikembalikan karena dia tiba-tiba badannya panas dingin, langsung saja dikembalikan ke hutan dan sembuh,” tutur Birin.

Cagar Alam Pagerwunung Darupono adalah salah satu Cagar Alam di wilayah Jawa Tengah yang terdapat di Kabupaten Kendal. Kawasan ini terkenal dengan koleksi tanaman pohon Jati (Tectona grandis) yang berumur tua, hingga puluhan tahun, dan memiliki ukuran besar.

Salah satunya adalah pohon Jati terbesar dengan lingkar batang mencapai 845 centimeter. Bahkan, mantan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan sejumlah pejabat negara pun pernah melihat langsung kegagahan pohon jati raksasa ini.
 
Secara administrasi, Cagar Alam Pagerwunung Darupono terletak di wilayah Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan cagar alam sesuai Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : SK. 115/Menhut-II/2004.

Dengan luas Cagar Alam Pagerwunung Darupono sekitar 33,2 hektare. Kawasan berada di daerah dataran rendah dengan ketinggian antara 150-175 meter di atas permukaan laut dan memiliki jenis tanah latosol (inceptisol).

![vivamore="
Pria Ini Sampaikan Kemerdekaan Indonesia ke Dunia
Baca Juga :"]

Waspada! Gilai Gadget Bisa Turunkan IQ

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya