Komjen Budi Gunawan Lobi DPR Muluskan Badrodin Jadi Kapolri

Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir
VIVA.co.id
Budi Waseso Mengaku Jadi 'Anak Emas' Budi Gunawan
- Lama tak muncul di depan publik, Komisaris Jenderal Budi Gunawan rupanya punya tugas khusus untuk menyiapkan berkas yang akan digunakan untuk
fit and proper test
Komjen Budi Gunawan Bagi-bagi Bingkisan di Car Free Night
calon Kapolri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti di Komisi III DPR.
Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Anton Charlyan mengatakan Komjen Budi saat ini tengah menjadi tim sukses Komjen Badrodin sebagai Kapolri. Bahkan, Komjen Budi diketahui sempat melobi dewan untuk memuluskan pencalonan Badrodin di DPR.


"Sekarang bisa mulus karena peran beliau," kata Brigjen Anton di Mabes Polri, Rabu, 8 April 2015.


Anton tak menutup kemungkinan jika nantinya Badrodin resmi dilantik menjadi Kapolri, maka Budi Gunawan akan mengisi jabatan Wakapolri yang ditinggalkan Badrodin. Anton menyebut, pimpinan Lemdikpol itu merupakan salah satu calon kuat menjadi Wakapolri.


"Salah satu kandidat terkuat," ujar Anton yang juga mantan anak buah Budi Gunawan di Lemdikpol.


Menurut dia, salah satu syarat menjabat Wakapolri adalah eselon satu, perwira bintang tiga, berprestasi dan mempunyai masa pensiun masih lama. "Tapi, siapapun juga harus dikonsultasikan ke Presiden. Kalau Presiden tidak setuju berarti nggak bisa," tuturnya.


Ia menambahkan, bahwa nantinya calon Wakapolri tersebut akan digodok terlebih dahulu di Dewan Pertimbangan Jabatan (Wanjakti) Polri, Divisi Profesi dan Pengaman Kepolisian RI (Propam) Polri, dan Asisten Sumber Daya Manusia (SSDM).


Dari hasil tersebut akan ada calon yang paling pantas menjadi calon Wakapolri untuk membantu Kapolri membangun institusi kepolisian yang lebih baik lagi ke depannya. "Kita punya
track record
yang jelas dan tidak pernah bermasalah," paparnya.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya