Indonesia Kirim Bantuan dan Relawan ke Vanuatu

Korban Badai Pam di Vanuatu Butuh Bantuan
Sumber :
  • REUTERS /Dave Hunt/Pool

VIVA.co.id - Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan dan relawan untuk warga negara Vanuatu, yang menjadi korban bencana alam badai siklon Pam pada 15 Maret 2015.

Bantuan berupa uang senilai total 450 ribu dolar Amerika Serikat, paket makanan, selimut, tenda, dan lain-lain. Sebanyak 19 relawan diberangkatkan bersamaan dengan pengiriman bantuan itu.

Seluruh relawan terdiri dari unsur Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Luar Negeri, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Palang Merah Indonesia, dan lain-lain.

Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Vanuatu Tiba Hari Ini

Pengiriman bantuan dan para relawan dilepas langsung oleh Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu pagi, 4 April 2015. Kepala BNPB, Syamsul Maarif, dan sejumlah anggota anggota DPR RI turut mendampingi Menteri dalam kesempatan itu.

Bantuan itu diangkut dengan dua pesawat, yakni Airbus 330 Garuda Indonesia dengan muatan 35 ton dan Boeing 737 Cardig dengan muatan 14 ton.

Bencana alam badai siklon Pam itu terjadi pada 15 Maret 2015. Perserikatan Bangsa-Bangsa sebelumnya menyebut total korban tewas mencapai 24 orang, lalu direvisi menjadi 11 orang. Namun, mereka menyebut, angka tersebut bisa bertambah.

Masih ada beberapa pulau di bagian selatan ibu kota Port Vila yang situasinya belum diketahui. Menurut kesaksian tim yang berangkat ke sana, tingkat kerusakan justru lebih parah.
 
Presiden Vanuatu, Baldwin Lonsdale, mengatakan bahwa badai yang berkecepatan lebih dari 300 kilometer per jam itu bagaikan monster. Badai tersebut menghancurkan pembangunan yang selama ini dilakukan selama bertahun-tahun oleh pemerintah. Saat bencana itu terjadi, Lonsdale tengah berada di Jepang untuk menghadiri konferensi PBB mengenai bencana.

Rebecca Reifi Georgina/Jakarta (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

Korban Tewas Badai Siklon Pam Vanuatu Jadi 11 Orang


Indonesia Siap Bantu Korban Badai Siklon Pam Vanuatu


[/vivamore]
Bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Vanuatu

Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan, Vanuatu Tersentuh

Bantuan kemanusiaan dikirimkan ke Vanuatu tiga pekan usai bencana.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2015