Enam Alumnus Pesantren di Mojokerto Tertahan di Yaman

Milisi bersenjata Yaman periksa mobil di Kota Aden
Sumber :
  • REUTERS/Anees Mansour
VIVA.co.id
13-12-1982: 2.900 Warga Yaman Tewas Akibat Gempa
- Enam santri alumnus Pesantren Amanatul Ummah di Mojokerto, Jawa Timur, dilaporkan tertahan di Yaman. Mereka sedang menyelesaikan studi sebuah universitas di Yaman dan belum akan dievakuasi atau dipulangkan ke Tanah Air.

AS-Arab Saudi Sepakat Dukung Zona Aman di Suriah dan Yaman

Pemimpin pesantren itu, KH Asep Saifuddin, mengaku tak mengkhawatirkan kondisi mereka karena para santrinya studi di Universitas Al Ahqof di kawasan Hadramaut dan jauh dari peperangan. Lagi pula, katanya, wilayah yang dimukimi para alumnus itu kawasan yang mayoritas dihuni para penganut Islam Sunni dari mancanegara.
17 Tentara Yaman Disandera dan Dieksekusi Militan Bersenjata


Namun KH Asep Saifuddin menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah Indonesia jika para santri itu akan dievakuasi atau dipulangkan ke Tanah Air. Kalau pemerintah yang memfasilitasi semua warga negara Indonesia untuk dievakuasi, dia justru menyambut baik.


Asep Saifuddin juga mengungkapkan bahwa sesungguhnya ada lima santrinya yang bersiap diberangkat ke Yaman. Mereka mendapatkan beasiswa dari Kementerian Agama untuk kuliah di negara itu. Namun Pemerintah belum memastikan keberangkatan mereka menyusul konflik bersenjata di Yaman.


Handi Firmansyah / Mojokerto
![vivamore="
Baca Juga
:"]



n

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya