Polisi Gerebek Pabrik Nata de Coco Berbahan Pupuk Urea

Nata de Coco atau sari kelapa
Sumber :
  • prachuabfruit
VIVA.co.id
Ridwan Kamil: Mi Bikini 'Remas Aku' Kreatif yang Meresahkan
- Polisi di Kota Sleman membongkar pabrik pembuat penganan sari kelapa, atau dikenal dengan
nata de coco
Ini Alasan Nugget Tidak Baik Bagi Tubuh
, yang dioplos dengan pupuk ZA atau pupuk urea. Pabrik ini berlokasi di bekas gedung SDN Semarang 3, Sidomulyo, Godean.
Sepuluh Makanan Paling Berbahaya yang Bisa Bunuh Anda

Kapolres Sleman, AKBP Faried Zulkarnaen, mengatakan pihaknya mendapat laporan dari warga jika di tempat tersebut ada pabrik yang membuat bahan makanan dari pupuk ZA.


"Mendapat laporan warga, kami kemudian mendatangi lokasi dan menemukan tumpukan pupuk ZA (urea untuk pertanian) dan loyang yang telah diisi cairan sari kelapa yang siap kirim," kata Faried yang datang langsung ke pabrik tersebut.


Ia mengatakan, pihaknya telah mengambil sampel dan pupuk ZA untuk dibawa ke balai BPOM dan diteliti mengenai kandungannya.


"Sementara kami amankan pemiliknya, DAP, dan barang bukti lainnya. Sedangkan pabrik kami segel dan sementara tidak boleh beraktivitas sampai ada hasil dari laboratorium," kata dia.


Menurut Faried, bahan sari kelapa dibuat oleh DAP yang mencampurnya dengan pupuk untuk pertanian. Selanjutnya bahan tersebut dicetak, lalu dipotong-potong dan dimasukan dalam kemasan plastik, kemudian dikirim ke Bogor dan Bekasi.


"Nah, di Bogor dan Bekasi inilah bahan sari kelapa dibeli oleh sejumlah supermarket besar. Dan ini yang akan kami kembangkan lagi," kata dia.


Faried mengatakan, DAP memang baru menjadi pemilik pabrik tersebut. "Pabrik sudah beroperasi lima tahun, dan dia belum lama mengambil alih pabrik itu."

 

Sementara itu Polres Sleman melakukan penyegelan dengan memasang police line dan papan seng di pintu masuk gedung. (ren)![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya