Eksekusi Bali Nine Belum Jelas, Jaksa Agung 'Lempar Bola'

Jaksa Agung, Muhammad Prasetyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id - Kapan eksekusi mati duo Bali Nine dan terpidana mati lainnya, belum bisa dipastikan. Ditanya soal ini, Jaksa Agung H.M Prasetyo mengatakan, eksekusi mati Andrew Chan dan Myuran Sukumaran serta terpidana mati lainnya masih menunggu proses hukum.

Ada dua terpidana yang mengajukan Peninjauan Kembali (PK), yakni Serge Areski Atlaoui. "Kita tunggu prosedur hukumnya selesai semua dulu," kata Prasetyo, di Istana Negara Jakarta, Senin 30 Maret 2015.

Prasetyo menjelaskan eksekusi mati terhadap terpidana tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Harus serentak. "Supaya praktis dan cepat selesai dan jangan ada kesan kami ditekan-tekan," katanya.

Disinggung soal kapan eksekusi itu, Prasetyo tidak bisa memastikan. Mengingat proses hukum PK masih berlangsung, dan ada juga yang ditunda. "Tanya ke Mahkamah Agung. Yang memutuskan di sana," ujar mantan politikus Partai Nasdem itu. Dia mengaku, saat ini masih terus berkoordinasi dengan MA.

Martin Anderson adalah WN Ghana yang ditangkap polisi dalam kepemilikan heroin 50 kg. Grasi sudah diajukan ke Presiden Joko Widodo tapi ditolak.

Sementara, Serge Areski Atlaoui adalah WN Prancis. Divonis terlibat pengoperasian pabrik ektasi. Dia mengajukan PK setelah MA memvonis dirinya pada 2007. PK diajukan 10 Februari 2015 di PN Tangerang. Sidang perdana baru 11 Maret 2015.

Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman

![vivamore="Baca Juga :"]

Polri, TNI dan BNN Diminta Cabut Laporkan Haris Azhar

[/vivamore]
5 Fakta Guillotine, Pisau Raksasa untuk Eksekusi Mati
Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar

Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar

Kepolisian harusnya tenang dan tidak mempermasalahkan Haris Azhar.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016