Mengenal Nukleus, Varian Batu Obi asal Halmahera Selatan

4 Cara ini agar Batu Akik Mengkilat
Sumber :
  • Faujan Pinang/Ternate
VIVA.co.id
Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar
– Batu akik yang berasal dari Maluku Utara bukan hanya dikenal dengan batu akik bacan. Batu akik obi yang berasal dari Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, juga mulai dikenal masyarakat Indonesia.

Rp4 Miliar Hanya untuk Cendera Mata PON XIX Jabar

Batu obi ini kali pertama diperkenalkan seorang dosen bernama Asmar Haji Daud pada tahun 2013. Asmar mencoba beralih mengeksplorasi batu obi yang diyakini mempunyai keunikan tersendiri daripada batu bacan dan mampu bersaing di pasar batu akik.
Kopi Terakhir Pedagang Akik sebelum Lapaknya Digusur


Asmar bahkan menciptakan varian baru dari jenis chalsedony yang dinamakan king obi. “Saya telah menciptakan varian baru jenis chalsedony dan berhasil meraih juara satu dalam kompetisi Indonesia Games Stone di Ciracas, Bogor, Jawa Barat,” kata Asmar di Kota Ternate, Jumat, 27 Maret 2015.


Sejak saat itu, katanya, batu obi yang semula tidak berharga kini dilirik dan jadi buruan para kolektor batu. Barga batu obi pun melonjak tinggi.


Menurutnya, di akhir tahun 2014, dia menemukan varian terbaru dari batu obi yang diberi nama nukleus king stone atau inti batu.


“Nukleus sendiri mempunyai keunikan dengan variasi warna beragam. Jika dilihat dari atas, batu terlihat warna keunguan, tapi jika dilihat dari samping, terlihat warna putih keabuan, dan jika dilihat dari bawah terlihat warna kuning oranye,” jelasnya.


Variasi warna itulah yang membuat dosen pada Universitas Khairun Ternate tersebut tak tanggung-tanggung membanderol satu buah batu obi nukleus bikinannya dengan harga mencapai Rp500 juta.


“Saat ini, saya juga tengah menyiapkan puluhan batu king bbi dan nukleus hasil olahannya untuk diikutsertakan dalam kompetisi Indonesia Game Stone ketiga yang rencananya akan dilaksanakan pada April 2015 di Jakarta,” ujarnya.


Faujan Pinang/Ternate
![vivamore="
Baca Juga
:"]




[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya