Pengamat: Pendukung ISIS di Indonesia Capai 2 Juta Orang

Personel Densus 88 Antiteror Polri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Ayu Pitaloka
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- Pengamat terorisme, Al Chaidar menyebut, pendukung Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) di Indonesia berkembang pesat.

ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS

Al Chaidar memperkirakan, saat ini pendukung ISIS di Indonesia sudah mencapai 2 juta orang, 500 orang di antaranya telah bertolak ke Suriah dan Irak untuk bergabung dengan pasukan ISIS.
Militer Mesir Klaim Tewaskan Pentolan ISIS di Sinai


"Seperti jaringan Ustad Afif ataupun Ustad Abu Fija. Jaringan ISIS di Indonesia ada 2, Poso dan Jawa," kata Al Chaidar kepada VIVA.co.id, Jumat 27 Maret 2015.

      

Jika dibagi dalam dua kelompok, jelas Al Chaidar, maka jaringan itu terbagi dalam beberapa wilayah. Yakni, jaringan Abu Bakar Ba'asyir yakni meliputi Jawa, Sumatera dan Kalimantan serta jaringan Poso, Sulawesi dan Bima yang bersatu jadi satu jaringan besar.

     

"Jawa, Sumatera dan Kalimantan masih di bawah pengaruh Abu Bakar Ba'asyir. ISIS berkembang di Indonesia sejak tahun 2013. Mereka cepat berkembang karena membawa ideologi kafiri, ideologi yang mengkafirkan orang dan ideologi kalifah," kata Al Chaidar.


Menurut Al Chaidar, pendukung ISIS nekat meninggalkan Indonesia hanya karena sebuah niat, yaitu jihad. "Alasannya ingin berjihad dan masih terkait dengan jaringan lama," ujarnya.

![vivamore="
Baca Juga
:"]





[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya