Pola Rekruitmen ISIS Muncul di Yogyakarta

Aksi mahasiswa menolak ISIS di Bundaran HI Jakarta, Minggu 15/3/2015
Sumber :
  • Irwandi/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sleman, Najmudin, mengatakan pola-pola perekrutan untuk masuk masuk ISIS sudah terlihat di daerah Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, yang berbatasan langsung dengan Kebupaten Klaten, Jawa Tengah. Pihaknya meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka

Pola-pola tersebut adalah ajakan perjalanan umrah gratis dan umrah disertai wisata ke negara di kawasan Timur Tengah. "Ini sudah kami ketahui sejak beberapa waktu lalu," jelas Najmudin.

Najmudin mengatakan, instansinya sudah melapor ke Bupati, Satpol PP Kabupaten Sleman serta jajaran lainnya. Dia sempat dihubungi oleh seseorang untuk mendaftar perjalanan umrah gratis dan wisata ke Timur Tengah. Namun, mantan dosen Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada ini menolak tawaran itu.

"Yang menawari itu justru teman dekat saya sendiri," ujarnya.

Nadjmuddin menegaskan, masyarakat harus memahami bahwa ISIS bukanlah bagian dari Islam dan harus dilenyapkan dari Indonesia.

Sementara itu, Bupati Sleman, Sri Purnomo, juga mengingatkan agar masyarakat termasuk jajaran pemerintahan maupun aparat keamanan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran paham ISIS di Sleman.

ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS

Menurut Sri, warga harus diberi pemahaman yang jelas dan komprehensif agar tidak terbujuk untuk bergabung dengan ISIS.

"Jangan sampai warga Sleman ada yang terjerumus masuk ke kelompok ini," katanya.

![vivamore="
Militer Mesir Klaim Tewaskan Pentolan ISIS di Sinai
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya