Kicauan Burung Stres Ternyata Lebih Merdu

VIVAnews - Burung ternyata juga bisa stres seperti manusia. Dan ketika mengalami stres, suara kicauan burung ternyata lebih merdu. Hal itu diungkapkan peneliti dari Universitas Cornell, Amerika Serikat.

Burung bisa stres karena perubahan cuaca dan kerusakan lingkungan. Dan saat mengalami stres burung akan berkicau lebih merdu dibandingkan burung-burung lainnya, dengan kicauannya itu pula burung juga bisa menarik lawan jenisnya.

Hal itu diketahui setelah para tim peneliti, meneliti habitat burung peniru (mockingbirds) di berbagai tempat di Amerika. Peneliti merekam suara yang dihasilkan oleh 29 jenis burung peniru di berbagai tempat.

Lalu, mereka membandingkannya menggunakan sistem komputer. Dari berbagai tempat tinggal burung peniru, peneliti menemukan bahwa burung akan menghasilkan kicauan yang biasa saja di tempat yang memiliki banyak variasi pepohonan dan lingkungan yang baik.

"Saat keadaan lingkungan dan cuaca tidak begitu baik, burung akan mengalami stres dan akan melampiaskannya lewat kicauan yang merdu," kata Carlos Botero, salah satu anggota tim peneliti.

Kicauan burung yang merdu itu juga tidak didapatkan begitu saja. Burung juga harus berlatih untuk bisa berkicau dengan merdu. Dan, kemampuan burung untuk berkicau dengan merdu pun berbeda-beda.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024