Hujan Deras di Poso, Satu Rumah Hanyut Ratusan Terendam

Banjir landa dua kelurahan di Kecamatan Poso Kota, Sulteng
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitha Meinansi
VIVA.co.id
4.282 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Kabupaten Bandung
- Hujan deras yang mengguyur Kota Poso, Sulawesi Tengah pada Jumat malam, 20 Maret 2015, mengakibatkan ratusan rumah warga terendam banjir. Hujan yang turun selama kurang lebih lima jam, mengakibatkan banjir dan membuat kepanikan warga.

Banjir melanda dua kelurahan yakni, Kelurahan Kayamanya dan Kelurahan Sayo, di Kecamatan Poso Kota. Ketinggian air sekitar 50 cm, bahkan sempat mencapai hingga satu setengah meter disertai arus deras.

Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung Terisolir Banjir

Banjir bahkan menghanyutkan satu rumah warga di Kelurahan Kayamanya. Menurut keterangan warga setempat, kejadian serupa sering berulang empat hingga lima tahun sekali.

Banjir langsung menggenangi rumah warga. Luapan air yang terjadi secara tiba-tiba, membuat warga tidak dapat menyelamatkan harta bendanya yang terendam air. Warga lebih memilih untuk menyelamatkan anggota keluarganya dari terjangan banjir.

Wilayah Depok Ini Banjir Hingga Lutut Orang Dewasa

Sebagian korban banjir terpaksa mengungsi sambil menunggu air surut. Banjir terjadi diduga akibat tanggul yang ada selama ini sudah tidak berfungsi dengan baik.

"Tadi keadaan masih reda-reda sedikit. Tapi tiba-tiba air langsung muncul, seperti meledak. Air langsung naik tiba-tiba," tutur Sry, korban banjir warga Kelurahan Kayamanya, yang mengaku tidak menduga akan datangnya banjir.

Menurut dia, semua harta bendanya habis akibat banjir, karena rumahnya hanyut. "Habis total," ujar Sry sedih.

Saat banjir terjadi, warga banyak berhamburan di jalanan. Selain untuk berjaga-jaga, dan mengantisipasi sesuatu yang lebih buruk terjadi, petugas lalu lintas pun ikut turun tangan.

Kasat Lantas Polres Poso, AKP Alfian Komaling saat ditemui di sekitar lokasi banjir, sibuk mengatur lalu lintas ditengah turunnya hujan.

Menurut Alfian, hadirnya petugas lalu lintas dijalanan, diharapkan dapat membantu warga, jika terpaksa harus mengungsi atau membutuhkan bantuan lainnya, yang sekiranya dapat dibantu. (ase)

Laporan: Mitha Meinansi

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya