Dirjen Imigrasi: Tak Ada Pencekalan Nama Muhammad dan Ali

Menkumham resmikan kantor imigrasi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah
- Kabar pencekalan nama Muhammad dan Ali saat mendaftar
autogate
8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara
di Bandara Soekarno-Hatta, menimbulkan polemik. Menanggapi hal itu, Plt Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Teuku Sjahrizal membantahnya. Sjahrizal mengatakan tidak ada perbedaan pelayanan terkait nama dan semua mendapatkan yang sama dalam membuat autogate
Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng
dan paspor.

"Itu enggak seperti itu, semua diberlakukan sama. Semua sama, nggak ada edarannya nama Muhammad dan Ali dicekal," ujar Sjahrizal saat menghadiri pelantikan pejabat eselon 1 oleh Menkumham di Gedung Kemenkum HAM, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 20 Maret 2015.

Sjahrizal menambahkan, semua proses yang ditempuh dalam membuat autogate dan paspor sama dengan warga negara lain. Tidak ada perbedaan diberikan kepada nama-nama yang diduga terorisme.

"Mereka kan bikin paspor di kantor imigrasi sama, kita periksa sama, anak saya saja pakai nama Muhammad," ujarnya.

Sjahrial mengatakan Dirjen Imigrasi meningkatkan kewaspadaan dalam penerbitan paspor dengan kondisi saat ini tengah hangat isu tentang terorisme.

Dia menambahkan pengetatan dan kewaspadaan ini bukan hanya karena munculnya isu ISIS tapi memang pengawasan serta kewaspadaan telah dilakukan sejak dulu.

Seperti diberitakan, isu diskrimatif muncul di Indonesia, kali ini menyangkut nama Muhammad dan Ali yang identik dengan identitas seorang muslim. Perlakuan itu dilaporkan terjadi di autogate Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, beberapa waktu lalu.

Sontak, peraturan ini mengundang reaksi keras dari berbagai pihak, terutama yang menganggap larangan tersebut sudah mendiskreditkan pemeluk agama mayoritas di Indonesia.

Laporan: Bayu Januar

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya